Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Metode EPIC 5C berbasis Model Case-Based Learning pada Materi Tematik Terpadu Kelas V

Authors

  • Budi Kurniawan Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Ivo Basri K. Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Ni Putu Kusuma Widiastuti Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Rizqy A. R. Ahmad Universitas Muhammadiyah Kupang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.41368

Keywords:

CBL, EPIC, 5C

Abstract

Belum tersedianya modul yang sistematis pada mata kuliah Kewirausahaan di Program Studi Teknik Fabrikasi dan Pengelasan Logam (TFPL) serta hasil belajar peserta didik belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran dan menghasilkan modul yang valid, praktis, dan efektif pada mata kuliah Kewirausahaan berbasis proyek untuk peserta didik Program Studi TFPL di Akademi Komunitas Negeri Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (penelitian dan pengembangan), dengan model pengembangan 4D. Prosedur pengembangan 4D yaitu Define (pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Teknik analisis data efektivitas dengan memakai skor N-Gain. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini untuk efektivitas modul pembelajaran diperoleh dari nilai pretest dan posttest mahasiswa setelah menggunakan modul pembelajaran berada dalam kategori efektif. Kesimpulannya, modul pembelajaran berbasis proyek yang dikembangkan dapat digunakan pada proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Author Biography

Budi Kurniawan, Universitas Muhammadiyah Kupang

Nusa Tenggara Timur

References

Adhe, K. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Daring Matakuliah Kajian PAUD di Jurusan PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(1), 26. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i1.3.

Aini, K. (2021). Analisis Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.585.

Alami, Y. (2020). Media Pembelajaran Daring pada Masa Covid-19. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 49–56. https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/jtt/article /view/71.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281–288. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941.

Baharuddin, I. (2020). Pembelajaran Bermakna Berbasis Daring di tengah Pandemi Covid-19. Journal of Islamic Education Management, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.24256/KELOLA.V5I2.1377.

Basri, H. (2018). Kemampuan Kognitif dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Ilmu Sosial bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(1), 1–9. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i1.11054.

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Literasi (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50.

Fathimah, N. S., & Ishartiwi, I. (2018). Pengembangan Multimedia Mermainan Interaktif Pembelajaran Berhitung bagi Anak Diskalkulia Usia Prasekolah. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 115–128. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15541.

Firdaus, F. Z., Suryanti, S., & Azizah, U. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan SETS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 681–689. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.417.

Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang Tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013.

Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(3), 221. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i3.262.

Ichsan, I. Z., Iriani, E., & Hermawati, F. M. (2018). Peningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) pada Siswa Sekolah Dasar melalui Video Berbasis Kasus Pencemaran Lingkungan. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 3(02), 12–18. https://doi.org/10.33503/ebio.v3i02.175.

Khaulani, F., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Fase dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.51-59.

Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 1–11. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2345.

Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540.

Muin, A. (2017). Keterampilan Berbasis Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Seni Budaya di Sekolah Dasar. Indonesian Journal Education Studies, 20(2). https://doi.org/10.26858/ijes.v20i2.4821.

Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646.

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.74.

Nurhusain, M., & Hadi, A. (2021). Desain Pembelajaran Statistika Terapan Berbasis Kasus Berkualitas Baik (Valid, Praktis, dan Efektif) untuk Mahasiswa Pendidikan Matematika. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 3(2), 105–119. https://doi.org/10.31605/ijes.v3i2.951.

Pancaningrum, E., & Sari, D. K. (2020). Analisa Epic Model: Mengukur Efektivitas Iklan Indomie Versi Ayam Geprek di Televisi. Jurnal Research Manajemen Dan Bisnis Dewantara, 2(1). https://doi.org/10.26533/jmd.v2i1.444.

Panditung, A. R. (2020). Implementasi Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh Era Pandemi Covid-19 di Tingkat SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 5(4). https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i4.198.

Priyastuti, M. T., & Suhadi, S. (2020). Kepuasaan Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Journal of Language and Health, 1(2), 49–56. https://doi.org/10.37287/jlh.v1i2.383.

Pujowati, Y. (2021). Dinamika Kebijakan Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pamator, 14(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21107/pamator.v14i2.11574.

Salsabila, U. H., Sofia, M. N., & Seviarica, H. P. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Insania : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284–304. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221.

Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574.

Subakti, H., & Handayani, E. S. (2021). Analisis Keterampilan Mengajar Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Daring pada Siswa Sekolah Dasar. Diglosia: Jurnal Pendidikan, 5(1), 202–210. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/dl/article/view/2539.

Telaumbanua, Y. N. (2021). Pembelajaran Matematika secara Daring Akibat Pandemi Corona Virus Diseases 2019. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 445–449. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1692.

Wibawa, A. E. Y. (2021). Implementasi Platform Digital sebagai Media Pembelajaran Daring Di MI Muhammadiyah Pk Kartasura pada Masa Pandemi Covid-19. Berajah Journal, 1(2), 76–84. https://doi.org/10.47353/bj.v1i2.15.

Widyatmojo, G., & Muhtadi, A. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbentuk Game untuk Menstimulasi Aspek Kognitif dan Bahasa. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 38. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10194.

Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 290. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142.

Downloads

Published

2021-12-05

How to Cite

Kurniawan, B., Basri K., I., Widiastuti, N. P. K., & Ahmad, R. A. R. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Metode EPIC 5C berbasis Model Case-Based Learning pada Materi Tematik Terpadu Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 312–319. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.41368

Issue

Section

Articles