Peran Pembelajaran CLIS Menggunakan Media Animasi Bagi Kompetensi Pengetahuan IPA

Penulis

  • Ni Luh Iin Shinta Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Suniasih Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27184

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) menggunakan media animasi terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini ditentukan dengan teknik classter random sampling, yang menghasilkan dua kelompok sampel yakni kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 31 orang dan kelompok kontrol dengan jumlah siswa 30 orang. Data kompetensi pengetahuan IPA siswa dikumpulkan dengan metode tes objektif. Rata – rata gain skor ternormalisasi pada kelompok ekperimen adalah  = 0,829 dan pada kelompok kontrol adalah  = 0,545. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t (polled varians) pada taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan 59 diperoleh thitung = 7,888 dan ttabel = 2,000. Dikarenakan thitung > ttabel maka, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CLIS menggunakan media animasi berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA.

Biografi Penulis

Ni Luh Iin Shinta Dewi, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Diterbitkan

2020-07-21

Cara Mengutip

Dewi, N. L. I. S., & Suniasih, N. W. (2020). Peran Pembelajaran CLIS Menggunakan Media Animasi Bagi Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 112–122. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27184

Terbitan

Bagian

Articles