Kebutuhan Bahan Ajar Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika SD pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Penulis

  • I Komang Wahyu Wiguna Sekolah Tinggi Agama Hindu Neger Mpu Kuturan Singaraja, Indonesia
  • I Nengah Suastika Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • L. Heny Nirmayani Sekolah Tinggi Agama Hindu Neger Mpu Kuturan Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.43232

Kata Kunci:

Analisis, Bahan Ajar, Konsep Dasar Mapel Matematika SD

Abstrak

Mata kuliah konsep dasar mapel Matematika SD merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa semester dua pada program studi PGSD. Bahan ajar yang selama ini digunakan dalam kegiatan pembelajaran merupakan bahan ajar sederhana yang dibuat oleh dosen dengan mengggunakan referensi yang ada pada perpustakaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bahan ajar yang perlu dikembangkan untuk mata kuliah konsep dasar mapel matematika SD. Subjek penelitian adalah mahasiswa PGSD yang pernah menempuh mata kuliah ini. Sampel dipilih secara acak sebanyak 123 mahasiswa. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi dan angket terbuka untuk mahasiswa. Hasil observasi menunjukkan bahwa kendala yang dihadapi pada pembelajaran mata kuliah Konsep Dasar mapel Matematika SD adalah belum adanya bahan ajar yang bisa dijadikan sebagai pegangan dalam proses perkuliahan. Hasil analisis angket kebutuhan mahasiswa menunjukkan bahwa bahan ajar diperlukan oleh mahasiswa adalah berupa buku ajar; materi di dalam buku ajar berisi tentang logika matematika, konvers, invers, kontraposisi, tautologi, kontradiksi, dan kontingensi suatu pernyataan, serta himpunan dan fungsi. Implikasi penelitian ini diharapkan menjadi bagian dari studi awal pengembangan buku ajar sebagai bahan ajar mata kuliah Konsep Dasar mapel Matematika SD. 

Referensi

Aisyah, R. S. S., Solfarina, S., & Yuliantika, U. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Pemecahan Masalah pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit (ELNOEL). Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 9(1), 19–29. https://doi.org/10.33394/hjkk.v9i1.3715.

Asmiyunda, A., Guspatni, G., & Azra, F. (2018). Pengembangan E-Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Kelas XI SMA/ MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(2), 155. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/202.

Cahyono, B., Tsani, D., & Rahma, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Materi Trigonometri. Phenomenon, 8(2), 72 – 86. https://doi.org/10.21580/phen.2018.8.2.2929.

Divan, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Budaya Lokal untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(1), 101–114. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktpk/article/view/4433.

F. Amin, K. (2021). Pengajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) dan Pengenalan Budaya Lokal Bugis-Makassar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(6), 1044–1053. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i6.195.

Febriyanti, D. A., & Ain, S. Q. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1409–1416. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.933.

Hamid, M. A., Yuliawati, L., & Aribowo, D. (2020). Feasibility of Electromechanical Basic Work E-Module as A New Learning Media for Vocational Students. Journal of Education and Learning (EduLearn), 14(2), 199–211. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i2.15923.

Kirana, R. W. (2020). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Praktikum Akuntansi Perusahaan Dagang Berbasis Scientific Approach sebagai Sumber Belajar Alternatif. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(1), 80–90. https://doi.org/10.21831/jpai.v18i1.32292.

Laksana, P, K., & Niftalia, I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tematik SD Kelas IV Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Ngada. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 3(1), 1–10. www.ejournal.citrabakti.ac.id/index.php/jipcb/article/view/74/0.

Lawe, Y. ., Dopo, T., & Kaka, P. . (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Budaya Lokal Ngada untuk Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2), 135–145. https://doi.org/10.38048/jipcb.v6i2.38.

Maghfiroh, Y., & Hardini, A. T. A. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 272–281. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.997.

Maslina, A. S. A. A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar IPA dengan Media Audio Visual pada Tema Selamatkan Makhluk Hidup di Pendidikan Dasar. In Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) (Vol. 7, Issue 1). https://doi.org/10.12928/jpsd.v7i1.14467.

Murod, M., Utomo, S., & Utaminingsih, S. (2021). Efektivitas Bahan Ajar E-Modul Interaktif Berbasis Android untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Lingkaran Kelas VI SD. Fenomena, 20(2), 219–232. https://doi.org/10.35719/fenomena.v20i2.61.

Murtini, I., Zubaidah, S., & Listyorini, D. (2019). Kebutuhan Bahan Ajar Matakuliah Biologi Sel di Perguruan Tinggi Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(8), 1120–1124. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i8.12685.

Rezeqi, S., Brata, W. W. W., Handayani, D., & Gani, A. R. F. (2020). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Taksonomi Organisme Tingkat Rendah terhadap Capaian Pembelajaran Berbasis KKNI. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(2), 174–180. https://doi.org/10.24114/jpp.v8i2.17697.

Sarini, P., & Selamet, K. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Etnosains Bali bagi Calon Guru IPA. Jurnal Matematika,Sains, Dan Pembelajarannya, 13(1), 27–39. https://doi.org/10.23887/wms.v13i1.17146.

Septiani, D. E., & Wardhani, S. (2022). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 6(1), 87–92. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.1.87-92.

Seruni, R., Munawaoh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) Biokimia pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip Pdf Professional. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 48–56. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4672.

Setyawan, D., Al-Mudhar, M. H. I., & Saptasari, M. (2021). Studi Kebutuhan Bahan Ajar Matakuliah Etnobotani untuk Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(6), 869–873. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i6.14873.

Suastika, I. ketut, & Rahmawati, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(2), 58. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i2.1230.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal Pendidikan, 11(1), 16. https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.

Troussas, C., Krouska, A., & Sgouropoulou, C. (2020). Collaboration and Fuzzy-Modeled Personalization for Mobile Game-Based Learning in Higher Education. Computers and Education, 144. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103698.

Diterbitkan

2022-07-11

Cara Mengutip

Wiguna, I. K. W., Suastika, I. N., & Nirmayani, L. H. (2022). Kebutuhan Bahan Ajar Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika SD pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 178–183. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.43232

Terbitan

Bagian

Articles