Kebutuhan Bahan Ajar Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika SD pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.43232Kata Kunci:
Analisis, Bahan Ajar, Konsep Dasar Mapel Matematika SDAbstrak
Mata kuliah konsep dasar mapel Matematika SD merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa semester dua pada program studi PGSD. Bahan ajar yang selama ini digunakan dalam kegiatan pembelajaran merupakan bahan ajar sederhana yang dibuat oleh dosen dengan mengggunakan referensi yang ada pada perpustakaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bahan ajar yang perlu dikembangkan untuk mata kuliah konsep dasar mapel matematika SD. Subjek penelitian adalah mahasiswa PGSD yang pernah menempuh mata kuliah ini. Sampel dipilih secara acak sebanyak 123 mahasiswa. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi dan angket terbuka untuk mahasiswa. Hasil observasi menunjukkan bahwa kendala yang dihadapi pada pembelajaran mata kuliah Konsep Dasar mapel Matematika SD adalah belum adanya bahan ajar yang bisa dijadikan sebagai pegangan dalam proses perkuliahan. Hasil analisis angket kebutuhan mahasiswa menunjukkan bahwa bahan ajar diperlukan oleh mahasiswa adalah berupa buku ajar; materi di dalam buku ajar berisi tentang logika matematika, konvers, invers, kontraposisi, tautologi, kontradiksi, dan kontingensi suatu pernyataan, serta himpunan dan fungsi. Implikasi penelitian ini diharapkan menjadi bagian dari studi awal pengembangan buku ajar sebagai bahan ajar mata kuliah Konsep Dasar mapel Matematika SD.
Referensi
Aisyah, R. S. S., Solfarina, S., & Yuliantika, U. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Pemecahan Masalah pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit (ELNOEL). Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 9(1), 19–29. https://doi.org/10.33394/hjkk.v9i1.3715.
Asmiyunda, A., Guspatni, G., & Azra, F. (2018). Pengembangan E-Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Kelas XI SMA/ MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(2), 155. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/202.
Cahyono, B., Tsani, D., & Rahma, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Materi Trigonometri. Phenomenon, 8(2), 72 – 86. https://doi.org/10.21580/phen.2018.8.2.2929.
Divan, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Budaya Lokal untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(1), 101–114. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktpk/article/view/4433.
F. Amin, K. (2021). Pengajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) dan Pengenalan Budaya Lokal Bugis-Makassar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(6), 1044–1053. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i6.195.
Febriyanti, D. A., & Ain, S. Q. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1409–1416. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.933.
Hamid, M. A., Yuliawati, L., & Aribowo, D. (2020). Feasibility of Electromechanical Basic Work E-Module as A New Learning Media for Vocational Students. Journal of Education and Learning (EduLearn), 14(2), 199–211. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i2.15923.
Kirana, R. W. (2020). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Praktikum Akuntansi Perusahaan Dagang Berbasis Scientific Approach sebagai Sumber Belajar Alternatif. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(1), 80–90. https://doi.org/10.21831/jpai.v18i1.32292.
Laksana, P, K., & Niftalia, I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tematik SD Kelas IV Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Ngada. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 3(1), 1–10. www.ejournal.citrabakti.ac.id/index.php/jipcb/article/view/74/0.
Lawe, Y. ., Dopo, T., & Kaka, P. . (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Budaya Lokal Ngada untuk Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2), 135–145. https://doi.org/10.38048/jipcb.v6i2.38.
Maghfiroh, Y., & Hardini, A. T. A. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 272–281. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.997.
Maslina, A. S. A. A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar IPA dengan Media Audio Visual pada Tema Selamatkan Makhluk Hidup di Pendidikan Dasar. In Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) (Vol. 7, Issue 1). https://doi.org/10.12928/jpsd.v7i1.14467.
Murod, M., Utomo, S., & Utaminingsih, S. (2021). Efektivitas Bahan Ajar E-Modul Interaktif Berbasis Android untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Lingkaran Kelas VI SD. Fenomena, 20(2), 219–232. https://doi.org/10.35719/fenomena.v20i2.61.
Murtini, I., Zubaidah, S., & Listyorini, D. (2019). Kebutuhan Bahan Ajar Matakuliah Biologi Sel di Perguruan Tinggi Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(8), 1120–1124. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i8.12685.
Rezeqi, S., Brata, W. W. W., Handayani, D., & Gani, A. R. F. (2020). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Taksonomi Organisme Tingkat Rendah terhadap Capaian Pembelajaran Berbasis KKNI. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(2), 174–180. https://doi.org/10.24114/jpp.v8i2.17697.
Sarini, P., & Selamet, K. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Etnosains Bali bagi Calon Guru IPA. Jurnal Matematika,Sains, Dan Pembelajarannya, 13(1), 27–39. https://doi.org/10.23887/wms.v13i1.17146.
Septiani, D. E., & Wardhani, S. (2022). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 6(1), 87–92. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.1.87-92.
Seruni, R., Munawaoh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) Biokimia pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip Pdf Professional. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 48–56. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4672.
Setyawan, D., Al-Mudhar, M. H. I., & Saptasari, M. (2021). Studi Kebutuhan Bahan Ajar Matakuliah Etnobotani untuk Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(6), 869–873. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i6.14873.
Suastika, I. ketut, & Rahmawati, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(2), 58. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i2.1230.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal Pendidikan, 11(1), 16. https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.
Troussas, C., Krouska, A., & Sgouropoulou, C. (2020). Collaboration and Fuzzy-Modeled Personalization for Mobile Game-Based Learning in Higher Education. Computers and Education, 144. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103698.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 I Komang Wahyu Wiguna, I Nengah Suastika, L. Heny Nirmayani
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)