EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK RELAKSASI UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN DALAM BELAJAR SISWA KELAS X MIPA 9 DI SMA NEGERI 1 SINGARAJA

Authors

  • Luh Rima Wulandari .
  • Prof. Dr. Nyoman Dantes .
  • Luh Putu Sri Lestari, S.Pd., M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v8i1.11090

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teori konseling behavioral dengan teknik relaksasi untuk mengurangi kejenuhan dalam belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimental, dengan desain one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 281 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas X MIPA 9 yang berjumlah 8 orang siswa yang diambil dengan purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnnya. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil analisis, ditemukan bahwa konseling behavioral dengan teknik relaksasi dapat mengurangi kejenuhan dalam belajar siswa, dengan t-hitung > t-tabel (7,319> 2,365) dengan taraf signifikan 5%.
Kata Kunci : Kata-kata kunci: konseling behavioral, teknik relaksasi, kejenuhan.

The aim of this study was to investigate the effectiveness of behavioral counseling theory with relaxation technique to reduce the saturation in the students’ process of learning grade ten at SMA N 1 Singaraja. This study was pre-experimental study which was one group pre-test post-test design. The population of this study was all students grade ten at SMA N 1 Singaraja this study was 8 students from class X MIPA 9 selected by purposive sampling. The method in the form of questionnaire that have been proven their validity and reliability. The data was analyzed by using descriptive statistic and inferential statistic which was t-test. The result of this research showed that behavioral counseling with relaxation technique can reduce the students’ saturation in the learning , through t-count > t-table (7,319>2,365) with the significance level 5%.
keyword : Keywords: behavioral counseling, relaxation technique, saturation.

Published

2017-07-24