Pengaruh Konseling Behavioral Dengan Teknik Modeling Terhadap Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Singaraja

Authors

  • Kadek Serli Pitria Astreani .
  • Prof. Dr. Ni Ketut Suarni,MS .
  • Putu Ari Dharmayanti, S.Pd.,M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v8i1.11099

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Pengaruh konseling behavioral dengan teknik modeling terhadap keterampilan komunikasi interpersonal. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan desain Non Equevalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Singaraja yang berjumlah 21 orang. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 12 orang siswa yang memiliki keterampilan komunikasi interpersonal rendah. Sebanyak 6 orang yang memiliki keterampilan komunikasi interpersonal rendah ditugaskan sebagai kelompok eksperimen dan 6 orang orang yang memiliki keterampilan komunikasi interpersonal rendah ditugaskan sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data keterampilan komunikasi interpersonal dalam penelitian ini menggunakan kuesioner keterampilan komunikasi interpersonal. Kuesioner keterampilan komunikasi interpersonal telah teruji validitas dan realibilitasnya. Untuk menguji hipotesis digunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan ada Pengaruh Konseling Behavioral Dengan Teknik Modeling Terhadap Keterampilan Komunikasi Interpersonal.
Kata Kunci : Kata-kata kunci: Konseling Behavioral, Modeling, Keterampilan Komunikasi Interpersonal

Abstract This research aims to know: The influence of behavioral counseling with modeling techniques on interpersonal communication skills. This type of research is a quasi experiment, with the design of Non Equevalent pretest-posttest control group design. The population of this study is the students of class XI IPS 1 SMA Negeri 4 Singaraja which amounted to 21 people. The sample was taken using purposive sampling technique with 12 students with low interpersonal communication skill. A total of 6 people with low interpersonal communication skills were assigned as experimental groups and 6 persons with low interpersonal communication skills were assigned as control groups. Data collection of interpersonal communication skills in this research use questionnaire of interpersonal communication skill. An interpersonal communication skill questionnaire has been tested for its validity and reliability. To test the hypothesis used t-test. The results showed there Behavioral Counseling Influence With Modeling Techniques To Interpersonal Communication Skills.
keyword : Keywords: Behavioral Counseling, Modeling, Interpersonal Communication Skills

Published

2017-07-24