Penerapan Teori Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Self Heterosexsuality
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v9i2.12132Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan (Action Research In Counseling) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan self heterosexsuality siswa Kelas X MIPA 5 SMA N 2 Singaraja setelah dilaksanakan penerapan konseling behavioral dengan teknik modeling. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X MIPA 5 SMA N 2 Singaraja yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana masing-masing siklus melalui tahap identifikasi, diagnosa, prognosa,konseling/treatment, evaluasi/followup, dan refleksi. Proses pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner Self Heterosexsuality pola skala linkert dan analisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil analisis di temukan bahwa kategori Self Heterosexsuality siswa pada siklus I (Bimbingan Klasikal), Sangat tinggi 0 orang (0%), Tinggi 28 orang (87%), sedang 4 orang (13%) dan Rendah 0 orang (0%) dan sangat rendah 0 orang (0%). Pada siklus II (Bimbingan Klasikal) sudah terjadi peningkatan yang baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil kuesioner yang diperoleh oleh siswa yaitu siswa yang berkategori sangat tinggi 7 orang (22%), siswa yang berkategori tinggi 25 orang (78%), dan tidak ada siswa yang berada pada kategori sedang, rendah, dan sangat rendah. Ini menunjukkan sudah ada peningkatan secara signifikan. Jadi dapat disimpulkan bahwa konseling behavioral dengan teknik modeling efektif digunakan untuk meningkatkan Self Heterosexsuality melalui lesson study pada siswa Kelas X MIPA 5 SMA N 2 Singaraja.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.