PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENURUNKAN PERILAKU AGRESIF SISWA KELAS VIII K SMP NEGERI 3 SINGARAJA

Authors

  • Ketut Dessy Mihari Mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1500

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan perilaku agresif siswa kelas VIIIK SMP Negeri 3 Singaraja melalui penerapan Konseling Kelompok dengan teknik sosiodrama.

Penelitian ini termasuk penelitian tindakan bimbingan dan konseling(Action Research in Counselling). Subjek penelitian ini adalah 7 orang siswa kelas VIIIK SMP Negeri 3 Singarajatahun pelajaran 2012/2013 yang memiliki perilaku agresif dengan kategori tinggi.Dataperilaku agresif siswa dikumpulkan dengan metode kuesioner dan metode observasi untuk menyesuaikan hasil kuesioner dengan kenyataan dilapangan.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa perilaku agresif siswa dapat diturunkan setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan menerapkan teknik sosiodrama.Persentase awal perilaku agresif sebelum tindakan yaitu 75.14% yang termasuk dalam kategori tinggi. Penurunan persentase perilaku agresif terjadi baik pada penelitian siklus I maupun siklus II. Pada siklus I diketahui bahwa persentase awal perilaku agresif 75.14% kategori tinggi menurun menjadi 52.43% kategori rendah, sedangkan pada siklus II diketahui bahwa persentase pada siklus I adalah 61,52% yang tergolong kategori sedang dan persentase pada siklus II adalah 52,28% yang tergolong kategori rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik sosiodrama melalui layanan konseling kelompok dapat dilaksanakan dengan efektif untuk menurunkan perilaku agresif pada siswa.

Published

2013-09-02