PENERAPAN KONSELING REALITA DENGAN TEKNIK SELF-CONTROL BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU SOSIAL SISWA KELAS X TK 1 SMK NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1503Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling (Action Research In Counseling). Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui peningkatan perilaku sosial siswa setelah diberikan layanan konseling dengan menerapkan Konseling realita dengan teknik self-control. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TK 1 SMK Negeri 2 Singaraja yang berjumlah 8 orang dan kedelapan siswa tersebut diberikan perlakuan melalui konseling dengan menggunakan teknik self-control. Berdasarkan hasil penelitian bahwa terjadi peningkatan perilaku sosial siswa pada siklus I dari rata-rata prosentase awal 56,07% meningkat menjadi 64,64%. Prosentase peningkatannya adalah 15,53%. Namun, hanya 5 orang siswa yang mampu mencapai kriteria di atas 65% sehingga diadakan siklus II.Pada siklus II terjdi peningkatan perilaku sosial siswa dari rata-rata prosentase siklus I 64,64% menjadi 75,00% dan prosentase peningkatannya adalah 16,26%. Peningkatan ini ditandai dengan adanya perubahan perilaku siswa dimana siswa sudah mampu menampilkan perilaku sosial seperti mau menunjukkan empati kepada teman, sudah bisa menerima perbedaan pendapat, sudah lebih aktif mengajukan pendapat dalam pemecahan suatu masalah, sudah mampu menyampaikan kesan/kritik kepada teman tanpa menyinggung perasaan teman, sudah mampu menerima kritik dari teman dengan terbuka, dan mulai bisa mengontrol diri untuk tidak sombong saat menerima suatu pujian. Hasil penelitian siklus II ternyata seluruh siswa dapat mencapai kriteria di atas 65%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa layanan konseling dengan teknik self-control berbantuan media audio visual dapat meningkatkan perilaku sosial siswa.Published
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.