PENERAPAN KONSELING REALITA DENGAN TEKNIK SELF-CONTROL BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU SOSIAL SISWA KELAS X TK 1 SMK NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Authors

  • Made Yoga Darmawan Mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1503

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling (Action Research In Counseling). Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui peningkatan perilaku sosial siswa setelah diberikan layanan konseling dengan menerapkan Konseling realita dengan teknik self-control. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TK 1 SMK Negeri 2 Singaraja yang berjumlah 8 orang dan kedelapan siswa tersebut diberikan perlakuan melalui konseling dengan menggunakan teknik self-control. Berdasarkan hasil penelitian bahwa terjadi peningkatan perilaku sosial siswa pada siklus I dari rata-rata prosentase awal 56,07% meningkat menjadi 64,64%. Prosentase peningkatannya adalah 15,53%. Namun, hanya 5 orang siswa yang mampu mencapai kriteria di atas 65% sehingga diadakan siklus II.Pada siklus II terjdi peningkatan perilaku sosial siswa dari rata-rata prosentase siklus I 64,64% menjadi 75,00% dan prosentase peningkatannya adalah 16,26%. Peningkatan ini ditandai dengan adanya perubahan perilaku siswa dimana siswa sudah mampu menampilkan perilaku sosial seperti mau menunjukkan empati kepada teman, sudah bisa menerima perbedaan pendapat, sudah lebih aktif mengajukan pendapat dalam pemecahan suatu masalah, sudah mampu menyampaikan kesan/kritik kepada teman tanpa menyinggung perasaan teman, sudah mampu menerima kritik dari teman dengan terbuka, dan mulai bisa mengontrol diri untuk tidak sombong saat menerima suatu pujian. Hasil penelitian siklus II ternyata seluruh siswa dapat mencapai kriteria di atas 65%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa layanan konseling dengan teknik self-control berbantuan media audio visual dapat meningkatkan perilaku sosial siswa.

Published

2013-09-02