PENERAPAN KONSELING GESTALT DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MEMINIMALISIR PERILAKU AGRESIF SISWA KELAS VIII H SMP NEGERI 1 SUKASADA TAHUN PELAJARAN 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1508Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meminimalisir perilaku agresif siswa Kelas VIII H SMP Negeri 1 Sukasada, melalui Konseling Gestalt dengan Teknik Sosiodrama.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling dengan subjek sebanyak 3 orang siswa yang memiliki perilaku agresif. Data tentang perilaku agresif siswa dikumpulkan dengan kuesioner, dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Tindakan dilakukan dengan memberikan konseling gestalt menggunakan teknik sosiodrama.
Hasil penelitian menunjukan adanya penurunan perilaku agresif setelah diberikan layanan konseling gestalt pada siswa. Pada siklus I terjadi penurunan perilaku agresif siswa dari rata-rata persentase awal 73.9% menurun menjadi 60.4% persentase penurunannya adalah 13.5% namun hanya 2 orang siswa yang mampu mencapai kriteria di bawah 69% sehingga diadakan siklus II. Pada siklus II terjadi penurunan perilaku agresif siswa dari rata-rata persentase siklus I 70.6% menjadi 44.6% dan persentase penurunannya adalah 26 %. Maka dari itu, seluruh siswa dapat mencapai kriteria di bawah 69%. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan perilaku agresif siswa setelah diberikan konseling gestalt dengan teknik sosiodrama. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan konseling gestalt dengan teknik sosiodrama dapat meminimalisir perilaku agresif siswa.
Published
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.