PENERAPAN KONSELING GESTALT DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MEMINIMALISIR PERILAKU AGRESIF SISWA KELAS VIII H SMP NEGERI 1 SUKASADA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Authors

  • I Kadek Dwi artayana Mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1508

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meminimalisir perilaku agresif siswa Kelas VIII H SMP Negeri 1 Sukasada, melalui Konseling Gestalt dengan Teknik Sosiodrama.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling dengan subjek sebanyak 3 orang siswa yang memiliki perilaku agresif. Data tentang perilaku agresif siswa dikumpulkan dengan kuesioner, dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Tindakan dilakukan dengan memberikan konseling gestalt menggunakan teknik sosiodrama.

Hasil penelitian menunjukan adanya penurunan perilaku agresif setelah diberikan layanan konseling gestalt pada siswa. Pada siklus I terjadi penurunan perilaku agresif siswa dari rata-rata persentase awal 73.9% menurun menjadi 60.4% persentase penurunannya adalah 13.5% namun hanya 2 orang siswa yang mampu mencapai kriteria di bawah 69% sehingga diadakan siklus II. Pada siklus II terjadi penurunan perilaku agresif siswa dari rata-rata persentase siklus I 70.6% menjadi 44.6% dan persentase penurunannya adalah 26 %. Maka dari itu, seluruh siswa dapat mencapai kriteria di bawah 69%. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan perilaku agresif siswa setelah diberikan konseling gestalt dengan teknik sosiodrama. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan konseling gestalt dengan teknik sosiodrama dapat meminimalisir perilaku agresif siswa.

Published

2013-09-02