PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PEMANFAATAN KELOMPOK SEBAYA (PEER GROUP) UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS X-6 SMA NEGERI 1 SAWAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1510Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Sawan .
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan bimbingan dan konseling (Action Research in Counselling). Subjek penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Sawan tahun pelajaran 2013/2014 yang memiliki rasa percaya diri dengan kategori rendah. Data rasa percaya diri siswa dikumpulkan dengan metode kuesioner dan metode observasi untuk menyesuaikan hasil kuesioner dengan kenyataan dilapangan.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rasa percaya diri siswa dapat ditingkatkan setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan pemanfaatan kelompok sebaya (peer group). Persentase awal rasa percaya diri siswa sebelum tindakan yaitu 42,0% yang termasuk dalam kategori rendah. Peningkatan persentase rasa percaya diri siswa terjadi baik pada penelitian siklus I maupun siklus II. Pada siklus I diketahui bahwa persentase awal rasa percaya diri siswa 42,0% kategori rendah meningkat menjadi 68,1% kategori sedang, sedangkan pada siklus II diketahui bahwa persentase pada siklus I adalah 68,1% yang tergolong kategori sedang dan persentase pada siklus II adalah 86,2% yang tergolong kategori sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan konseling kelompok dengan pemanfaatan kelompok sebaya (peer group) dapat dilaksanakan dengan efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa.
Published
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.