PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PEMANFAATAN KELOMPOK SEBAYA (PEER GROUP) UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS X-6 SMA NEGERI 1 SAWAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Authors

  • I Gede Jingga Mas Darsika K. Mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1510

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Sawan .

Penelitian ini termasuk penelitian tindakan bimbingan dan konseling (Action Research in Counselling). Subjek penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Sawan tahun pelajaran 2013/2014 yang memiliki rasa percaya diri dengan kategori rendah. Data rasa percaya diri siswa dikumpulkan dengan metode kuesioner dan metode observasi untuk menyesuaikan hasil kuesioner dengan kenyataan dilapangan.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rasa percaya diri siswa dapat ditingkatkan setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan pemanfaatan kelompok sebaya (peer group). Persentase awal rasa percaya diri siswa sebelum tindakan yaitu 42,0% yang termasuk dalam kategori rendah. Peningkatan persentase rasa percaya diri siswa terjadi baik pada penelitian siklus I maupun siklus II. Pada siklus I diketahui bahwa persentase awal rasa percaya diri siswa 42,0% kategori rendah meningkat menjadi 68,1% kategori sedang, sedangkan pada siklus II diketahui bahwa persentase pada siklus I adalah 68,1% yang tergolong kategori sedang dan persentase pada siklus II adalah 86,2% yang tergolong kategori sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan konseling kelompok dengan pemanfaatan kelompok sebaya (peer group) dapat dilaksanakan dengan efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa.

Published

2013-09-02