KONTRIBUSI LOCUS OF CONTROL DAN SIKAP ORANG TUA TERHADAP KREATIVITAS DI KALANGAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KINTAMANI

Authors

  • I Made Nanda Wirawan Mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1511

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kontribusi locus of control terhadap kreativitas siswa kelas X SMA Negeri 1 Kintamani, (2) kontibusi sikap orang tua terhadap kreativitas siswa kelas X SMA Negeri 1 Kintamani, dan (3) kontibusi secara bersama- sama antara locus of control dan sikap orang tua terhadap kreativitas siswa kelas X SMA Negeri 1 Kintamani.

Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto dengan populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kintamani tahun pelajaran 2012/2013. Pendekatan subjek penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling, sehingga penulis meneliti bukan didasarkan pada individual, tetapi lebih didasarkan pada kelompok, daerah, atau kelompok subjek yang secara alami berkumpul bersama sejumlah 101 orang siswa. Data dikumpulkan dengan metode kuesioner, dan selanjutnya dianalisis dengan teknik statistik yaitu korelasi product moment dan analisis regresi ganda dengan bantuan program SPSS 17.0 For Windows.

Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat kontribusi signifikan locus of control terhadap kreativitas siswa kelas X SMA Negeri 1 Kintamani dengan nilai r1y = 0,302. (2) Terdapat kontribusi signifikan sikap orang tua terhadap kreativitas siswa kelas X SMA Negeri 1 Kintamani dengan nilai r2y = 0,355. (3) Terdapat kontribusi signifikan antara locus of control dan sikap orang tua secara bersama-sama terhadap kreativitas siswa kelas X SMA Negeri 1 Kintamani dengan nilai F = 13,152 dengan α = 0,000. Besar kontribusi locus of control terhadap kreativitas siswa adalah 9,1% dan besar kontribusi sikap orang tua terhadap kreativitas siswa adalah 12,6%. Besar kontribusi secara bersama-sama antara locus of control dan sikap orang tua terhadap kreativitas siswa kelas X SMA Negeri 1 Kintamani adalah 19,6%.

Published

2013-09-02