KONTRIBUSI KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP RASA PERCAYA DIRI DALAM MENGHADAPI KONFLIK PADA SISWA KELAS XI DI SMA N 2 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Authors

  • Kadek Ryan Sumarjayagiri Mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1512

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kecenderungan kualitas kecerdasan emosional pada siswa SMA N 2 Singaraja tahun Pelajaran 2013/2014, (2) kecenderungan kualitas rasa percaya diri dalam menghadapi konflik pada siswa SMA N 2 Singaraja tahun Pelajaran 2013/2014 (3) besarnya kontribusi yang signifikan kecerdasan emosional terhadap rasa percaya dalam menghadapi konflik pada siswa di SMA N 2 Singaraja tahun Pelajaran 2013/2014.

Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA N 2 Singaraja tahun pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan untuk menentukan sampel adalah teknik purposive sampling, dan sampel sejumlah 64 orang siswa. Data dikumpulkan dengan metode, observasi, wawancara, dan kuesioner. Data dianalisis dengan analisis regresi sederhana dengan bantuan Microsoft Office Exel 2007 dan program SPSS 17.0 For Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan kecerdasan emosional terhadap rasa percaya diri dalam menghadapi konflik pada siswa di SMA N 2 Singaraja tahun pelajaran 2013/2014. Didapatkan r sebesar 0,615 dan signifikansi dengan P < 0,05.

Published

2013-09-02