PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS VII F SMP NEGERI 2 SERIRIT TAHUN PELAJARAN 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1513Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang mengalami motivasi belajar rendah karena kecemasan yang berlebihan melalui penerapan konseling behavioral dengan teknik desensitisasi sistematik pada kelas VII F SMP Negeri 2 Seririt.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling yang dirancang bersiklus, siklus tersebut terdiri dari tahap identifikasi, tahap diagnosa, tahap prognosa, tahap konseling, tahap evaluasi dan tahap refleksi.Subjek penelitian yang digunakan adalah kelas VII F SMP Negeri 2 Seririt yang mengalami motivasi belajar yang rendah. Siswa yang mengalami motivasi belajar rendah di kelas ini adalah sebanyak 8 orang siswa. Data motivasi belajar dikumpulkan dengan kuesioner motivasi belajar. Data yang diperoleh diolah dengan analisis deskriptif, dengan target keberhasilan pencapaian minimal 55%.
Hasil penelitian menunjukkan konseling behavioral dengan teknik desensitisasi sistematik dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang mengalami motivasi belajar rendah di kelas VII F SMP Negeri 2 Seririt tahun ajaran 2012/2013. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa. Peningkatan tersebut diketahui dari pencapaian motivasi belajar siswa yaitu dari 48% menjadi 59% dan peningkatannya adalah 12% pada siklus I. Pada siklus II pencapaian motivasi belajar siswa yaitu dari 59% menjadi 76% dan peningkatannya adalah 17%. Melalui penelitian ini, guru Bimbingan Konseling di SMP Negeri 2 Seririt supaya menerapkan konseling behavioral dengan teknik desensitisasi sistematis untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Published
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.