PENERAPAN KONSELING EKSISTENSIAL HUMANISTIK DENGAN TEKNIK KESADARAN UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1514Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kecenderungan kualitas dalam belajar pada siswa SMA Bhaktiyasa kelas XI IPS, (2) efektivitas penerapan konseling eksistensial humanistik dengan teknik kesadaran untuk meningkatkan kesadaran dalam belajar siswa SMA Bhaktiyasa kelas XI IPS .
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Layanan Bimbingan Konseling. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA Bhaktiyasa, subjek penelitian ini adalah 7 orang yang diambil secara purposif sampling. Tindakan dilakukan dengan melaksanakan konseling Eksistensial Humanistik. Prosedur pelaksanaan tindakan dimulai dari perencanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, dan refleksi. Data tentang kesadaran dalam belajar dikumpulkan dengan kuesioner. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan konseling Eksistensial Humanistik dengan teknik kesadaran dapat meningkatkan kesadaran dalam belajar pada siswa kelas XI IPS SMA Bhaktiyasa Singaraja. Adapun rata-rata persentase kesadaran belajar siswa sebelum tindakan adalah 57,57%. Setelah diberikan tindakan pada siklus I persentase kesadaran belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 68,07%. Dari hasil tersebut, 4 orang siswa belum memenuhi criteria ketuntasan sehingga perlu melanjutkan konseling ke siklus II. Pada siklus II persentase kesadaran siswa mangalami peningkatan menjadi 75,71%. Jadi 7 orang siswa yang dijadikan subjek penelitian sudah mencapai criteria ketuntasan yang ditentukan dengan presentase peningkatan sebesar 11,40 %.
Published
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.