PENERAPAN KONSELING EKSISTENSIAL HUMANISTIK DENGAN TEKNIK KESADARAN UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN BELAJAR

Authors

  • I Made Juli Ari Adnyana Mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1514

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kecenderungan kualitas dalam belajar pada siswa SMA Bhaktiyasa kelas XI IPS, (2) efektivitas penerapan konseling eksistensial humanistik dengan teknik kesadaran untuk meningkatkan kesadaran dalam belajar siswa SMA Bhaktiyasa kelas XI IPS .

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Layanan Bimbingan Konseling. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA Bhaktiyasa, subjek penelitian ini adalah 7 orang yang diambil secara purposif sampling. Tindakan dilakukan dengan melaksanakan konseling Eksistensial Humanistik. Prosedur pelaksanaan tindakan dimulai dari perencanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, dan refleksi. Data tentang kesadaran dalam belajar dikumpulkan dengan kuesioner. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan konseling Eksistensial Humanistik dengan teknik kesadaran dapat meningkatkan kesadaran dalam belajar pada siswa kelas XI IPS SMA Bhaktiyasa Singaraja. Adapun rata-rata persentase kesadaran belajar siswa sebelum tindakan adalah 57,57%. Setelah diberikan tindakan pada siklus I persentase kesadaran belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 68,07%. Dari hasil tersebut, 4 orang siswa belum memenuhi criteria ketuntasan sehingga perlu melanjutkan konseling ke siklus II. Pada siklus II persentase kesadaran siswa mangalami peningkatan menjadi 75,71%. Jadi 7 orang siswa yang dijadikan subjek penelitian sudah mencapai criteria ketuntasan yang ditentukan dengan presentase peningkatan sebesar 11,40 %.

Published

2013-09-02