PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK BERLANDASKAN TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN PERILAKU MORAL SISWA

Authors

  • Dewa Gede Eka Putra Buwana Mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1517

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangan perilaku moral anak kelas X TGB1 SMK N 3 Singaraja setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok berlandaskan Tri Hita Karana. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Layanan Bimbingan Konseling yang subjeknya adalah 7 orang siswa yang memiliki perkembangan perilaku moral yang rendah. Tindakan dilakukan dengan melaksanakan Bimbingan kelompok berlandaskan Tri Hita Karana dengan teknik diskusi dan pemberian informasi. Data tentang perkembangan perilaku moral siswa dikumpulkan dengan lembar observasi, dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Adapun rata-rata persentase perkembangan perilaku moral anak sebelum mendapatkan tindakan adalah 48,57%. Setelah diberikan tindakan pada siklus I persentase perkembangan perilaku moral anak mengalami peningkatan sebesar 21,14%, sehingga persentase perkembangan perilaku moral anak pada siklus I menjadi 69,71%. Dari hasil tersebut, 4 orang siswa belum memenuhi kriteria ketuntasan sehingga perlu melanjutkan treatment ke siklus II. Pada siklus II persentase perkembangan perilaku moral anak mengalami peningkatan sebesar 17,71%, sehingga persentase perkembangan perilaku moral anak pada siklus II menjadi 87,42%. Jadi, 7 orang siswa yang dijadikan subjek penelitian sudah mencapai ketuntasan yang ditentukan karena persentase perkembangan perilaku moral anak telah melebihi 65%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Bimbingan Kelompok berlandaskan Tri Hita Karana dapat meningkatkkan perkembangan perilaku moral anak kelas X TGB1 SMK N 3 Singaraja.

Downloads

Published

2013-09-02