PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK BERLANDASKAN TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN PERILAKU MORAL SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1517Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangan perilaku moral anak kelas X TGB1 SMK N 3 Singaraja setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok berlandaskan Tri Hita Karana. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Layanan Bimbingan Konseling yang subjeknya adalah 7 orang siswa yang memiliki perkembangan perilaku moral yang rendah. Tindakan dilakukan dengan melaksanakan Bimbingan kelompok berlandaskan Tri Hita Karana dengan teknik diskusi dan pemberian informasi. Data tentang perkembangan perilaku moral siswa dikumpulkan dengan lembar observasi, dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Adapun rata-rata persentase perkembangan perilaku moral anak sebelum mendapatkan tindakan adalah 48,57%. Setelah diberikan tindakan pada siklus I persentase perkembangan perilaku moral anak mengalami peningkatan sebesar 21,14%, sehingga persentase perkembangan perilaku moral anak pada siklus I menjadi 69,71%. Dari hasil tersebut, 4 orang siswa belum memenuhi kriteria ketuntasan sehingga perlu melanjutkan treatment ke siklus II. Pada siklus II persentase perkembangan perilaku moral anak mengalami peningkatan sebesar 17,71%, sehingga persentase perkembangan perilaku moral anak pada siklus II menjadi 87,42%. Jadi, 7 orang siswa yang dijadikan subjek penelitian sudah mencapai ketuntasan yang ditentukan karena persentase perkembangan perilaku moral anak telah melebihi 65%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Bimbingan Kelompok berlandaskan Tri Hita Karana dapat meningkatkkan perkembangan perilaku moral anak kelas X TGB1 SMK N 3 Singaraja.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.