PENERAPAN STRATEGI SOSIODRAMA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA DI KELAS VIIA SMP NEGERI 2 SERIRIT TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Authors

  • Pande Made Agus Aditya Mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1518

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa yang mengalami penyesuaian diri rendah melalui penerapan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada kelas VII A SMP Negeri 2 Seririt.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan yang dirancang bersiklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Seririt yang memiliki penyesuaian diri rendah dengan jumlah siswa 9 orang. Data penyesuaian diri dikumpulkan berdasarkan hasil dari kuesioner penyesuaian diri. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif, target keberhasilan pencapaian minimal 65%.

Hasil penelitian menunjukkan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan penyesuaian diri siswa yang rendah. Peningkatan penyesuaian diri terlihat dari kondisi awal 51% menjadi 65% pada siklus I dengan peningkatan sebesar 14%. Dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 65% menjadi 81,78% dengan persentase peningkatan sebesar 17%. Pada siklus I dan II terjadi peningkatan sebesar 14% dan 17% ini artinya siswa sudah mengalami peningkatan terhadap indikator penyesuaian diri seperti siswa sudah tidak menghindar, mampu memberi dan menerima cinta, mampu memahami diri dan orang lain, mampu berkomunikasi dengan baik, dan mampu bekerjasama dengan teman-temannya. Dari hasil ini diharapkan kepada guru bimbingan konseling di SMP Negeri 2 Seririt agar menerapkan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama sebagai salah satu teknik untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa.

Kata kunci: bimbingan kelompok, teknik sosiodrama, penyesuaian diri

Published

2013-09-02