PENERAPAN STRATEGI SOSIODRAMA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA DI KELAS VIIA SMP NEGERI 2 SERIRIT TAHUN PELAJARAN 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1518Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa yang mengalami penyesuaian diri rendah melalui penerapan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada kelas VII A SMP Negeri 2 Seririt.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan yang dirancang bersiklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Seririt yang memiliki penyesuaian diri rendah dengan jumlah siswa 9 orang. Data penyesuaian diri dikumpulkan berdasarkan hasil dari kuesioner penyesuaian diri. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif, target keberhasilan pencapaian minimal 65%.
Hasil penelitian menunjukkan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan penyesuaian diri siswa yang rendah. Peningkatan penyesuaian diri terlihat dari kondisi awal 51% menjadi 65% pada siklus I dengan peningkatan sebesar 14%. Dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 65% menjadi 81,78% dengan persentase peningkatan sebesar 17%. Pada siklus I dan II terjadi peningkatan sebesar 14% dan 17% ini artinya siswa sudah mengalami peningkatan terhadap indikator penyesuaian diri seperti siswa sudah tidak menghindar, mampu memberi dan menerima cinta, mampu memahami diri dan orang lain, mampu berkomunikasi dengan baik, dan mampu bekerjasama dengan teman-temannya. Dari hasil ini diharapkan kepada guru bimbingan konseling di SMP Negeri 2 Seririt agar menerapkan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama sebagai salah satu teknik untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa.
Kata kunci: bimbingan kelompok, teknik sosiodrama, penyesuaian diri
Published
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.