HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PENYESUAIAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VII DAN VIII SMP NEGERI 4 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Authors

  • I Putu Anggi Subagia Mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1519

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian “ex post facto” dengan tujuan untuk mengetahui (1) hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap penyesuaian sosial pada siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 4 Singaraja, (2) hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap penyesuaian sosial pada siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 4 Singaraja, dan (3) hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dan kecerdasan emosional terhadap penyesuaian sosial secara bersama-sama pada siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 4 Singaraja.

Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 4 Singaraja dengan N=567. Sampel penelitian ditetapkan 264 responden yang pengambilan sampelnya dilakukan dengan teknik stratified random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pola asuh orang tua dan kecerdasan emosional, sedangkan variabel terikat adalah penyesuaian sosial. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Data penelitian selanjutnya dianalisis dengan teknik statistik yaitu korelasi product moment, dan analisis regresi ganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap penyesuaian sosial, dengan nilai = 0,189 dan = 0,138. (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap penyesuaian sosial dengan nilai = 0,186 dan = 0,138. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dan kecerdasan emosional terhadap penyesuaian sosial secara bersama-sama dengan besar koefisien hubungan secara bersama-sama (R) = 0,124, nilai F = 2,054 dengan taraf signifikansi 0,001.

Published

2013-09-02