HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DALAM KELOMPOK TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX SEMESTER GANJIL DI SMP NEGERI 3 ABIANSEMAL KECAMATAN ABIANSEMAL KABUPATEN BADUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1520Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara interaksi sosial teman sebaya dalam kelompok dengan motivasi belajar siswa kelas IX semester ganjil di SMP Negeri 3 Abiansemal Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian ini sebanyak 264 siswa. Teknik pengambilan sampel digunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data digunakan observasi, sosiometri dan kuesioner. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi pearson product moment dengan bantuan program SPSS 17.0. Dari hasil output analisis SPSS menunjukkan skor signifikan Kolmogorov-Sminorv sebesar 0,843 untuk variabel motivasi belajar yang artinya variabel motivasi belajar berdistribusi normal karena nilainya di atas α = 0,05. Hasil output analisis SPSS untuk variabel interaksi sosial dalam kelompok teman sebaya menunjukkan skor signifikan Kolmogorov-Sminorv sebesar 0,583 variabel interaksi sosial dalam kelompok teman sebaya juga berdistribusi normal karena nilainya juga di atas α = 0,05. Hasil analisis korelasi pearson product moment atau analisis korelasi sederhana menghasilkan rhitung sebesar 0,638 dengan probabilitas sebesar 0,16, jika dibandingkan dengan rtabel pada n = 264 diperoleh rtabel 0,124, sehingga probabilitas lebih kecil dari 0,05 atau rhitung > rtabel. Dari hal ini diharapkan kepada guru Bimbingan Konseling untuk dapat memanfaatkan interaksi sosial dalam kelompok teman sebaya untuk memotivasi siswa dalam belajar, karena interaksi dalam kelompok teman sebaya mempunyai pengaruh yang besar dalam menggugah kreativitas berpikir siswa.
Published
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.