HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DALAM KELOMPOK TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX SEMESTER GANJIL DI SMP NEGERI 3 ABIANSEMAL KECAMATAN ABIANSEMAL KABUPATEN BADUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Authors

  • Made Ari Primayanti Mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1520

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara interaksi sosial teman sebaya dalam kelompok dengan motivasi belajar siswa kelas IX semester ganjil di SMP Negeri 3 Abiansemal Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian ini sebanyak 264 siswa. Teknik pengambilan sampel digunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data digunakan observasi, sosiometri dan kuesioner. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi pearson product moment dengan bantuan program SPSS 17.0. Dari hasil output analisis SPSS menunjukkan skor signifikan Kolmogorov-Sminorv sebesar 0,843 untuk variabel motivasi belajar yang artinya variabel motivasi belajar berdistribusi normal karena nilainya di atas α = 0,05. Hasil output analisis SPSS untuk variabel interaksi sosial dalam kelompok teman sebaya menunjukkan skor signifikan Kolmogorov-Sminorv sebesar 0,583 variabel interaksi sosial dalam kelompok teman sebaya juga berdistribusi normal karena nilainya juga di atas α = 0,05. Hasil analisis korelasi pearson product moment atau analisis korelasi sederhana menghasilkan rhitung sebesar 0,638 dengan probabilitas sebesar 0,16, jika dibandingkan dengan rtabel pada n = 264 diperoleh rtabel 0,124, sehingga probabilitas lebih kecil dari 0,05 atau rhitung > rtabel. Dari hal ini diharapkan kepada guru Bimbingan Konseling untuk dapat memanfaatkan interaksi sosial dalam kelompok teman sebaya untuk memotivasi siswa dalam belajar, karena interaksi dalam kelompok teman sebaya mempunyai pengaruh yang besar dalam menggugah kreativitas berpikir siswa.

Published

2013-09-02