PENERAPAN BIMBINGAN BELAJAR DENGAN TEKNIK PENGUATAN POSITIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 3 TEJAKULA

Authors

  • I Kadek Indrawan Mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1521

Abstract

Penelitian ini tergolong penelitian tindakan (Action Research ). Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa setelah diberikan layanan bimbingan belajar dengan teknik penguatan positif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIB yang berjumlah 10 orang siswa yang mengalami minat belajar rendah dan selanjutnnya diberikan perlakuan melalui bimbingan belajar dengan tehnik penguatan positif.Hasil penelitian menunjukakan bahwa pada siklus I terjadi peningkatan persentase minat belajar siswa dari rata-rata persentase awal 58.40% meningkat menjadi 65,11% persentase peningkatannya adalah 6,71% namun hanya 5 orang siswa yang mampu mencapai kriteria di atas 65% sehingga diadakan siklus II.Pada siklus II menunjukkan bahwa terjadi peningkatan minat belajar siswa dari rata-rata persentase siklus I 65,11% menjadi 72.05% dan persentase peningkatannya adalah 6,91%. Maka dari itu, seluruh siswa dapat mencapai kriteria di atas 65%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa setelah diberikan bimbingan belajar dengan teknik penguatan positif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan bimbingan belajar dengan penguatan positif dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Published

2013-09-02