PENERAPAN BIMBINGAN BELAJAR DENGAN TEKNIK PENGUATAN POSITIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 3 TEJAKULA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1521Abstract
Penelitian ini tergolong penelitian tindakan (Action Research ). Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa setelah diberikan layanan bimbingan belajar dengan teknik penguatan positif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIB yang berjumlah 10 orang siswa yang mengalami minat belajar rendah dan selanjutnnya diberikan perlakuan melalui bimbingan belajar dengan tehnik penguatan positif.Hasil penelitian menunjukakan bahwa pada siklus I terjadi peningkatan persentase minat belajar siswa dari rata-rata persentase awal 58.40% meningkat menjadi 65,11% persentase peningkatannya adalah 6,71% namun hanya 5 orang siswa yang mampu mencapai kriteria di atas 65% sehingga diadakan siklus II.Pada siklus II menunjukkan bahwa terjadi peningkatan minat belajar siswa dari rata-rata persentase siklus I 65,11% menjadi 72.05% dan persentase peningkatannya adalah 6,91%. Maka dari itu, seluruh siswa dapat mencapai kriteria di atas 65%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa setelah diberikan bimbingan belajar dengan teknik penguatan positif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan bimbingan belajar dengan penguatan positif dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Published
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.