KONTRIBUSI MOTIVASI BERPRESTASI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA BHAKTIYASA SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1522Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) besarnya kontribusi motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Bhaktiyasa Singaraja, (2) besarnya kontribusi disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Bhaktiyasa Singaraja, dan (3) kontribusi secara simultan motivasi berprestasi dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Bhaktiyasa Singaraja.
Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto dengan populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Bhaktiyasa Singaraja tahun pelajaran 2012/2013. Pendekatan subjek penelitian ini menggunakan Census Study, sehingga seluruh elemen yang ada dalam wilayah penelitian (populasi) sejumlah 45 orang siswa diteliti. Data dikumpulkan dengan metode kuesioner, dan selanjutnya dianalisis dengan teknik statistik yaitu korelasi product moment dan analisis regresi ganda dengan bantuan program SPSS 17.0 For Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Bhaktiyasa Singaraja memiliki hubungan positif dengan nilai r1y = 0,602 dengan p < 0,001. Kontribusi disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Bhaktiyasa Singaraja memiliki hubungan positif dengan nilai r2y = 0,664 dengan p < 0,001. Secara bersama-sama kontribusi motivasi berprestasi dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Bhaktiyasa Singaraja adalah 49,8% signifikan dengan nilai F = 22,823 dan p < 0,001.
Published
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.