PENERAPAN KONSELING KELOMPOK BERDASARKAN TEORI GESTALT DENGAN TEKNIK BERKELILING UNTUK MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE SISWA KELAS XA SMAN 1 KUBUTAMBAHAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1523Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling (Action Research In Counseling). Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui peningkatan self confidence siswa setelah diberikan konseling kelompok berdasarkan teori gestalt dengan teknik berkeliling. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan melibatkan siswa kelas XA SMA Negeri 1 Kubutambahan yang berjumlah 8 orang sebagai subjek penelitian. Ke-8 siswa tersebut diberikan perlakuan melalui konseling kelompok berdasarkan teori gestalt dengan teknik berkeliling. Terjadi peningkatan persentase self confidence siswa pada siklus I dari rata-rata persentase awal 51.75% meningkat menjadi 62.67% persentase peningkatannya adalah 10.92% namun hanya 4 orang siswa yang mampu mencapai kriteria di atas 65% sehingga diadakan siklus II.Pada siklus II terjadi peningkatan self confidence siswa dari rata-rata persentase siklus I 62.67% menjadi 74.00% dan persentase peningkatannya adalah 11,33%. Maka dari itu, seluruh siswa dapat mencapai kriteria di atas 65%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan self confidence siswa setelah diberikan konseling kelompok berdasarkan teori gestalt dengan teknik berkeliling. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan konseling kelompok berdasarkan teori gestalt dengan teknik berkeliling dapat meningkatkan self confidence siswa.
Published
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.