PENERAPAN KONSELING KELOMPOK BERDASARKAN TEORI GESTALT DENGAN TEKNIK BERKELILING UNTUK MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE SISWA KELAS XA SMAN 1 KUBUTAMBAHAN

Authors

  • I Made Puspa Widiasa Mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1523

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling (Action Research In Counseling). Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui peningkatan self confidence siswa setelah diberikan konseling kelompok berdasarkan teori gestalt dengan teknik berkeliling. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan melibatkan siswa kelas XA SMA Negeri 1 Kubutambahan yang berjumlah 8 orang sebagai subjek penelitian. Ke-8 siswa tersebut diberikan perlakuan melalui konseling kelompok berdasarkan teori gestalt dengan teknik berkeliling. Terjadi peningkatan persentase self confidence siswa pada siklus I dari rata-rata persentase awal 51.75% meningkat menjadi 62.67% persentase peningkatannya adalah 10.92% namun hanya 4 orang siswa yang mampu mencapai kriteria di atas 65% sehingga diadakan siklus II.Pada siklus II terjadi peningkatan self confidence siswa dari rata-rata persentase siklus I 62.67% menjadi 74.00% dan persentase peningkatannya adalah 11,33%. Maka dari itu, seluruh siswa dapat mencapai kriteria di atas 65%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan self confidence siswa setelah diberikan konseling kelompok berdasarkan teori gestalt dengan teknik berkeliling. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan konseling kelompok berdasarkan teori gestalt dengan teknik berkeliling dapat meningkatkan self confidence siswa.

Published

2013-09-02