EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL KONSELING BEHAVIORAL TEKNIK PENGKONDISIAN OPERANT UNTUK MEMINIMALISASI PERILAKU AGRESIF SISWA KELAS X SMKN 3 SINGARAJA TAHUN 2012/2013

Authors

  • Nyoman Listriana Dewi Mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1524

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model konseling behavioral teknik pengkondisian operant sehingga dapat meminimalisasi perilaku agresif siswa kelas X SMKN 3 Singaraja tahun 2012/2013.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 3 Singaraja Tahun 2012/2013, sebanyak 115 orang siswa yang berperilaku agresif. Pengambilan sampel penelitian menggunakan purposive random sampling sehingga didapatkan 10 orang siswa yang berperilaku agresif sedang, tinggi, dan sangat tinggi. Rancangan penelitian menggunakan pretest-posttest control group design. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) konseling behavioral dengan teknik pengkondisian operant efektif untuk membantu meminimalisasi perilaku agresif siswa kelas X SMKN 3 Singaraja, hal ini dapat dilihat dari hasil analisis nilai t pada output SPSS menunjukkan angka 14,897, P < 0,05, (2) terdapat perbedaan efektivitas antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol dalam meminimalisasi perilaku agresif siswa, hal ini dapat dilihat dari hasil analisis nilai t pada output SPSS menunjukkan angka 10,507, P < 0,05. Oleh karena itu disarankan kepada guru BK di SMKN 3 Singaraja agar menggunakan Konseling Behavioral teknik pengkondisian operan sebagai salah satu upaya untuk menangulangi siswa yang berperilaku agresif.

Published

2013-09-02