PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK RELAKSASI UNTUK MENGURANGI KECEMASAN SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII-1 SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Authors

  • I Wayan Eka Pramana Putra Mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1525

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling yang bertujuan untuk mengurangi kecemasan siswa terhadap mata pelajaran matematika di kelas VIII-1 SMP Laboratorium Undiksha Singaraja setelah diberikan konseling kelompok dengan teknik relaksasi. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII-1 SMP Laboratorium Undiksha Singaraja tahun pelajaran 2013/2014 yang memiliki kecemasan yang tinggi terhadap mata pelajaran matematika.

Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan observasi. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data siswa yang memiliki kecemasan tinggi yaitu dibawah 70%, sedangkan pengumpulan data dengan observasi digunakan untuk memantau perkembangan siswa. Data yang diperoleh diolah dengan analisis deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan adanya pengurangan kecemasan siswa terhadap mata pelajaran matematika setelah diberikan konseling kelompok dengan teknik relaksasi. Hal ini dilihat dari hasil evaluasi dengan menggunakan kuesioner yang dilakukan dari pra siklus sampai ke siklus II. Berdasarkan hasil evaluasi diketahui bahwa skor data awal adalah 49,86%, skor siklus I adalah 71,16% dan skor di siklus II adalah 78,26%. Berdasarkan hasil evaluasi dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan persentase skor dari dari data awal ke siklus I sebesar 21,31% dan dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan persentase skor sebesar 7,1%, hal ini berarti kecemasan siswa semakin berkurang. Kesimpulannya, bahwa penerapan konseling kelompok dengan teknik relaksasi ternyata efektif untuk mengurangi kecemasan siswa terhadap mata pelajaran matematika di kelas VIII-1 SMP Laboratorium Undiksha Singaraja tahun pelajaran 2013/2014

Published

2013-09-02