PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL TEKNIK MODELING BERBANTUAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS X SMKN 3 SINGARAJA TAHUN 2012/2013

Authors

  • Ni Putu Surya Dewi Mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1526

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model konseling behavioral teknik modeling berbantuan audio visual dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa pada kelas X TSM SMKN 3 Singaraja Tahun 2012/2013.

Jenis penelitian yaitu PTBK. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TSM SMKN 3 Singaraja, penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana masing-masing siklus melalui tahap identifikasi, diagnose, prognosa, konseling/treatment/planning, evaluasi/follow up dan refleksi. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner interaksi sosial serta dianalisis statistik deskritif.

Berdasarkan hasil analisis, siklus I diperoleh peningkatan dengan rata-rata peningkatan 7%. Siklus II semua siswa mengalami peningkatan diatas 80% katagori tinggi dengan rata-rata peningkatan 17% pada siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan interaksi sosial siswa dari tindakan dengan sesudah tindakan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan konseling behavioral teknik modeling berbantuan audio visual dapat meningkatkan interaksi sosial siswa kelas X TSM Semester Genap SMKN 3 Singaraja.

Published

2013-09-02