PENERAPAN KONSELING ANALISIS TRANSAKSIONAL DENGAN TEKNIK BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU SOSIALSISWA KELAS VIII A SMP N 3 TEJAKULA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Authors

  • I Wayan Hendrawan Mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1528

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan konseling dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan perilaku sosial siswa melalui layanan konseling analisis transaksional dengan teknik bermain peran.Penelitian ini dilakukan terhadap sejumlah kasus yang menunjukan perilaku sosial rendah.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus selama pemberian tindakan dipantau dengan observasi, sedangkan hasilnya dipantau dengan kuesioner.Hasil pemantauan dianalisis secara analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan perilaku sosial setelah diberikan layanan konseling analisis transaksional pada siswa. Terjadi peningkatan prosentase perilaku sosial siswa pada siklus I  dari rata-rata prosentase awal 60.34% meningkat menjadi 68.34% prosentase peningkatannya adalah 11.4% namun hanya dua orang siswa yang mampu mencapai kriteria di atas 65% sehingga diadakan siklus II.Pada siklus II terjadi peningkatan perilaku sosial siswa  dari rata-rata prosentase siklus I 68.34% menjadi 79.5% dan prosentase peningkatannya adalah 14.1 %.Maka dari itu, seluruh siswa dapat mencapai kriteria di bawah 65%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan perilaku sosial siswa setelah diberikan konseling analisis transaksional dengan teknik bermain peran. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan konseling analisis transaksional dengan teknik bermain peran dapat meningkatkan perilaku sosial siswa.

Published

2013-09-03