PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK PENGUATAN POSITIF UNTUK MEMINIMALISASI MALADJUSTMENT PADA SISWA KELAS XII BAHASA SMA NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2013/2014
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1530Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meminimalisasi maladjustment siswa yang tinggi dengan penerapan konseling behavioral dengan teknik penguatan positif.Subyek dalam penelitian ini sebanyak 5 orang siswa kelas XII Bahasa SMA Negei 2 Singaraja tahun pelajaran 2013/2014 yang memiliki maladjustment yang tinggi. Data tersebut diperoleh dari data utama yaitu kuesioner dari pra siklus sampai siklus II. Metode pengamatan/observasi dan evaluasi juga digunakan sebagai metode yang mendukung data primer tersebut. Data primer dalam bentuk kuesioner yang diperoleh dari responden dikumpulkan dan diolah dengan teknik deskriptif analisis.Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi penurunan maladjustment siswa Kelas XII Bahasa SMA Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian siklus I maupun siklus II. Pada siklus I diketahui bahwa presentase awal 56.6% menurun menjadi 52.4%, data tersebut menunjukkkan bahwa terjadi penurunan sebesar 3.8%, sedangkan pada siklus II diketahui bahwa presentase siklus I adalah 52.4% menjadi 30.2%, data tersebut menunjukkan penurunan 22.4% dari siklus I ke siklus II.Artinya siswa sudah bisa meminimalisasi maladjustment yang ada dalam dirinya. Data tersebut diperkuat dari lembar pemantauan setiap siklusnya. Hasil penelitian ini diharapkan siswa dapat mengaplikasikan teknik penguatan positif dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat mengatasi maladjustment yang dialami dari maladjustment yang tinggi sampai yang rendah.
Published
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.