PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK PENGUATAN POSITIF UNTUK MEMINIMALISASI MALADJUSTMENT PADA SISWA KELAS XII BAHASA SMA NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Authors

  • Ni Wayan Lilis Krisnawati Mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1530

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meminimalisasi  maladjustment siswa yang tinggi dengan penerapan konseling behavioral dengan teknik penguatan positif.Subyek dalam penelitian ini sebanyak 5 orang siswa kelas XII Bahasa SMA Negei 2 Singaraja tahun pelajaran 2013/2014 yang memiliki maladjustment yang tinggi. Data tersebut diperoleh dari data utama yaitu kuesioner dari pra siklus sampai siklus II. Metode pengamatan/observasi dan evaluasi juga digunakan sebagai metode yang mendukung  data primer tersebut. Data primer dalam bentuk kuesioner yang diperoleh dari responden dikumpulkan dan diolah dengan teknik deskriptif analisis.Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi penurunan maladjustment siswa Kelas XII Bahasa SMA Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian siklus I maupun siklus II. Pada siklus I diketahui bahwa presentase awal 56.6% menurun menjadi 52.4%, data tersebut menunjukkkan bahwa terjadi penurunan sebesar 3.8%, sedangkan pada siklus II diketahui bahwa presentase siklus I adalah 52.4% menjadi 30.2%, data tersebut menunjukkan penurunan 22.4% dari siklus I ke siklus II.Artinya siswa sudah bisa meminimalisasi maladjustment yang ada dalam dirinya. Data tersebut diperkuat dari lembar pemantauan setiap siklusnya.  Hasil penelitian ini diharapkan siswa dapat mengaplikasikan teknik penguatan positif dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat mengatasi maladjustment yang dialami dari maladjustment yang tinggi sampai yang rendah.

Published

2013-09-03