EFEKTIVITAS KONSELING RASIONAL EMOTIF DENGAN TEKNIK KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KESEHATAN MENTAL SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1531Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas layanan konseling rasional emotif dengan teknik konseling kelompok untuk meningkatkan kesehatan mental siswa SMA Bhaktiyasa Singaraja. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Bhaktiyasa Singaraja tahun ajaran 2011/2012. Untuk mengumpulkan data digunakan metode kuesioner. Metode analisis dengan univariat dan statistik parametrik yang menggunakan SPSS 16.0.Hasil penelitian menunjukan bahwa konseling kelompok efektif untuk meningkatkan kesehatan mental siswa SMA Bhaktiyasa Singaraja, ini terlihat dari hasil analisis nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel dengan taraf signifikan 5% (-71.204>2,776) (tanda (-) menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan). Efektivitas konseling rasional emotif terlihat dari jumlah selisih pre-test dan post-tes kelompok eksperimen dengan persentase pencapaian kesehatan mental siswa yaitu 58% yang tergolong kesehatan mental sedang.
Published
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.