PENERAPAN LAYANAN INFORMASI BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI I SUKASADA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Authors

  • Desak Putu Budiarini Mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1540

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Sukasada Tahun Pelajaran 2010/2011 melalui layanan informasi belajar. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian tindakan bimbingan ini adalah siswa kelas VII SMP N 1 Sukasada yang menunjukkan kemandirian belajar seperti (kemandirian mengerjakan tugas, menjawab soal, dan menjawab pertanyaan) rendah. Dari 44 siswa dalam satu kelas terdapat 5 orang siswa yang menunjukkan kemandirian belajar rendah dilihat dari pedoman observasi kemandirian belajar, baik sebelum tindakan maupun setelah tindakan. Untuk mengetahui hasil tindakan, perubahan kemandirian belajar siswa ditentukan dengan membandingkan penguasaan kemandirian belajar sebelum pemberian layanan informasi belajar, dan sesudah pemberian layanan informasi belajar. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data hasil penelitian menunjukan bahwa kemandirian belajar siswa meningkat. Hal ini dapat dilihat dari prosentase antara sebelum tindakan dan setelah tindakan di mana evaluasi penguasaan kemandirian belajar sesudah tindakan (Siklus I) mengerjakan tugas (27,04), menjawab soal (20), menjawab pertanyaan (19.7) dan penguasaan kemandirian sesudah tindakan (Siklus II) mengerjakan tugas (43,8), menjawab soal (38,3), menjawab pertanyaan (38,3). Dapat ditarik suatu kesimpulan, bahwa ada peningkatan prosentase penguasaan kemandirian belajar siswa antara putaran I dan II.

Downloads

Published

2013-09-04