PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KECENDERUNGAN PERILAKU MENYIMPANG SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 SINGARAJA

Authors

  • Gede Ary Mahaputra Mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1541

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap kecenderungan perilaku menyimpang siswa kelas XI SMA Negeri 2 Singaraja.

Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto dengan populasi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Singaraja  Tahun Pelajaran 2013/2014. Pengambilan subjek penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling, melalui pertimbangan bersama dengan guru BK bahwa yang termasuk siswa berperilaku menyimpang adalah siswa yang sering melakukan pelanggaran berulang kali. Hasil dari wawancara tersebut didapatkan sampel sejumlah 46 orang siswa. Data dikumpulkan dengan metode kuisioner. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan analisis statisik korelasi product moment dengan memanfaatkan program SPSS 17.0 For Windows.

Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap kecenderungan perilaku menyimpang siswa kelas XI SMA Negeri 2 Singaraja. dengan nilai r senilai -0,575 dengan p < 0,001. Tanda (-) pada hasil korelasi (r) ini berarti semakin intens pola asuh orang tua seorang siswa maka semakin rendah kecenderungan perilaku menyimpang. Besar pengaruh pola asuh orang tua terhadap kecenderungan perilaku menyimpang adalah (r2) = 0,330 atau 33%.

Published

2013-09-04