HUBUNGAN INTERAKSI KELUARGA TERHADAP KECENDRUNGAN KENAKALAN REMAJA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 SINGARAJA

Authors

  • I Dewa Indra Prabawa Kusuma Mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1542

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan interaksi dalam keluarga terhadap kecendrungan kenakalan remaja siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014.

Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto dengan populasi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Singaraja  Tahun Pelajaran 2013/2014. Pendekatan subjek penelitian ini menggunakan Purposive Sampling, melalui pertimbangan tertentu dan wawancara dengan guru BK yang termasuk kriteria siswa yang nakal yaitu siswa yang sering melakukan pelanggaran seperti sering bolos, sering berkelahi dengan temannya, tidak hormat terhadap guru. Dari wawancara tersebut maka didapatkan sampel sejumlah 25 orang siswa untuk diteliti. Data dikumpulkan dengan metode kuisioner, dan selanjutnya dianalisis dengan teknik statisik yaitu korelasi product moment dengan bantuan program SPSS 17.0 For Windows.

Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan interaksi dalam keluarga terhadap kecenderungan kenakalan remaja pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Singaraja dengan nilai r = -0,805 dengan p < 0,001. Tanda (-) pada hasil korelasi (r) ini berarti semakin intens interaksi dalam keluarga seorang siswa maka semakin rendah kecenderungan kenakalan remaja.

 

Published

2013-09-04