PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK OPERAN CONDITIONING UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII B3 DI SMP NEGERI 6 SINGARAJA

Authors

  • Ni Kadek Chandra Purwanti Mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1544

Abstract

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling, penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan konseling Behavioral dengan teknik operant conditioning untuk meningkatkan penyesuaian diri pada siswa kelas VII B3 di SMP Negeri 6 Singaraja tahun pelajaran 2012/2013.

Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII B3 SMP Negeri 6 Singaraja. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 6 orang dari 34 orang siswa kelas VII B3 yang mengalami penyesuaian diri rendah di kelasnya. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan siklus. Metode pengumpulan data utama yang dipergunakan adalah kuesioner.

Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa penerapan konseling Behavioral dengan teknik operant conditioning efektif untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa yang rendah. Hal ini dilihat dari hasil analisis r α sebesar 0,892 dan ttabel dengan taraf signifikansi 5% adalah 0,361 sehingga diperoleh perbandingan r α > ttabel (0,892 > 0,361) dan hasil data peningkatan penyesuaian diri berkisar antara 52,19% sampai dengan 70,38% dengan peningkatan rata-rata sebesar 34,95%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa konseling behavioral dengan teknik operant conditioning dapat meningkatkan penyesuaian diri pada siswa.

Sebagai implikasi penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu model pelatihan bagi guru pembimbing di sekolah-sekolah untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa.

Published

2013-09-04