PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK OPERAN CONDITIONING UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII B3 DI SMP NEGERI 6 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1544Abstract
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling, penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan konseling Behavioral dengan teknik operant conditioning untuk meningkatkan penyesuaian diri pada siswa kelas VII B3 di SMP Negeri 6 Singaraja tahun pelajaran 2012/2013.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII B3 SMP Negeri 6 Singaraja. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 6 orang dari 34 orang siswa kelas VII B3 yang mengalami penyesuaian diri rendah di kelasnya. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan siklus. Metode pengumpulan data utama yang dipergunakan adalah kuesioner.
Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa penerapan konseling Behavioral dengan teknik operant conditioning efektif untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa yang rendah. Hal ini dilihat dari hasil analisis r α sebesar 0,892 dan ttabel dengan taraf signifikansi 5% adalah 0,361 sehingga diperoleh perbandingan r α > ttabel (0,892 > 0,361) dan hasil data peningkatan penyesuaian diri berkisar antara 52,19% sampai dengan 70,38% dengan peningkatan rata-rata sebesar 34,95%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa konseling behavioral dengan teknik operant conditioning dapat meningkatkan penyesuaian diri pada siswa.
Sebagai implikasi penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu model pelatihan bagi guru pembimbing di sekolah-sekolah untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa.
Published
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.