PENGEMBANGAN RASA PERCAYA DIRI DENGAN PENERAPAN MODEL KONSELING BEHAVIORAL TEKNIK PEMBERIAN PENGUATAN MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK KELAS XI IA 1 SMA NEGERI 1 SAWAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Authors

  • Gede David Mahendra Mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1545

Abstract

Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk mengembangkan rasa percaya diri dengan penerapan model konseling behavioral teknik pemberian penguatan melalui bimbingan kelompok. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan (Action Research). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IA 1 yang berjumlah 22 orang siswa dan dari 22 siswa hanya 7 siswa yang memilki rasa percaya diri rendah tersebut diberikan perlakuan melalui penerapan model konseling behavioral teknik penguatan melalui bimbingan kelompok. Untuk mengetahui presentase perubahan perilaku berupa pengembangan rasa percaya diri dipantau dengan kuesioner rasa percaya diri maka skor hasil penyebaran kuesioner setelah bimbingan kelompok dilaksanakan akan dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini menunjukkan tererjadinya peningkatan prosentase minat belajar siswa pada siklus I dari 43,71% menjadi 62,33% dan peningkatannya 42,60%. Sedangkan pada suklus II pencapaian siswa yang meningkat dari 62,33% menjadi 76,04% dan peningkatannya 23,43%. Ini berarti bahwa seluruh siswa dapat mencapai kriteria di atas 65%. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengembangan rasa percaya diri dengan penerapan model konseling behavioral teknik pemberian penguatan melalui bimbingan kelompok.

Published

2013-09-04