PENGEMBANGAN RASA PERCAYA DIRI DENGAN PENERAPAN MODEL KONSELING BEHAVIORAL TEKNIK PEMBERIAN PENGUATAN MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK KELAS XI IA 1 SMA NEGERI 1 SAWAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1545Abstract
Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk mengembangkan rasa percaya diri dengan penerapan model konseling behavioral teknik pemberian penguatan melalui bimbingan kelompok. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan (Action Research). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IA 1 yang berjumlah 22 orang siswa dan dari 22 siswa hanya 7 siswa yang memilki rasa percaya diri rendah tersebut diberikan perlakuan melalui penerapan model konseling behavioral teknik penguatan melalui bimbingan kelompok. Untuk mengetahui presentase perubahan perilaku berupa pengembangan rasa percaya diri dipantau dengan kuesioner rasa percaya diri maka skor hasil penyebaran kuesioner setelah bimbingan kelompok dilaksanakan akan dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini menunjukkan tererjadinya peningkatan prosentase minat belajar siswa pada siklus I dari 43,71% menjadi 62,33% dan peningkatannya 42,60%. Sedangkan pada suklus II pencapaian siswa yang meningkat dari 62,33% menjadi 76,04% dan peningkatannya 23,43%. Ini berarti bahwa seluruh siswa dapat mencapai kriteria di atas 65%. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengembangan rasa percaya diri dengan penerapan model konseling behavioral teknik pemberian penguatan melalui bimbingan kelompok.
Published
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.