Efektifitas Model Konseling Cognitive-Behavioral Untuk Meminimalisir Perilaku Penundaan Akademik Siswa SMP Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014

Authors

  • Putu Dewi Pebriantari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Ketut Suarni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Suranata Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.2349

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas Model konseling Cognitive- Behavioral untuk meminimalisir perilaku prokrastinasi akademik pada siswa kelas VIII SMP Laboratorium Undiksha Singaraja tahun ajaran 2013/2014. Secara khusus untuk mengetahui perbedaan penurunan perilaku prokrastinasi akademik antara siswa yang diberikan konseling menggunakan model Cognitive Behavioral dengan yang diberikan tindakan konseling secara konvensional Jenis penelitian adalah Quasi Eksperimen dengan desain “Post Test only Control Group design”. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Laboratorium Undiksha berjumlah 87 orang. Penentuan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling, dengan N= 20 siswa yang tergolong memiliki perilaku prokrastinasi tinggi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan menggunakan analisis statistik t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penurunan perilaku prokrastinasi akademik antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Hal ini dilihat dari tingkat presentase penurunan perilaku prokrastinasi akademik kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Berdasarkan analisis t-test didapatkan hasil thitung > ttabel, dan nilai probabilitas hitung (0,000) < α (0,05). Secara umum disimpulkan model konseling Cognitive- Behavioral efektif untuk meminimalisir perilaku prokrastinasi akademik siswa. Saran dari penulis, semoga penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk menghadapi permasalahan prokrastinasi akademik, dan dapat digunakan sebagai acuan untuk pengembangan model konseling Cognitive- Behavioral.
Kata Kunci : Cognitive-Behavioral, Prokrastinasi akademik, Konseling

This study aims to determine the effectiveness of Cognitive-Behavioral Counseling Model to minimize the academic procrastination behavior on the VIII class students of SMP Laboraturium Undiksha Singaraja school on academic year 2013/2014. And the specifically to know a difference decrease of academic procrastination behavior that having a Cognitive Behavioral Counseling Model and that having a Conventional model. The type of research for this study are a Quasi Experiment with the design are "Post Test only Control Group Design" . The population for this research was VIII class students of SMP Laboratory Undiksha that the value is 87 student. For the sampling this research are using Purposive Sampling Method, with N = 20 students that classified as who having a high procrastination behavior. For collective data research this study using a questionnaire. And more the data will analyzed using a descriptive and t - test analysis method. The results was showed a differences decrease in the control group with the experimental group for the academic procrastination behavior value. It is seen from the percentage decrease in the level of academic procrastination behavior of the experimental group was higher than the control group . Based on t-test analysis showed t research > t table , and calculate the probability value ( 0.000 ) < α ( 0.05 ). In the concluded Cognitive-Behavioral counseling models are effective to minimize academic procrastination behavior of the student . Advice from the authors , this study may be can used to help of academic procrastination problems, and can be used as a reference for the development of Cognitive-Behavioral counseling model
keyword : Cognitive - Behavioral , Academic Procrastination , Counseling

Published

2014-02-24