Pengembangan Instrumen Skala Kecemasan Menghadapi Ujian Pada Siswa SMP

Authors

  • Marina Dililla Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Dantes Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Suranata Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjbk.v11i2.29182

Abstract

Penelitian ini bermaksud mengembangkan instrumen skala kecemasan menghadapi ujian pada siswa SMP. tipe penelitian tergolong dalam pengembangan (Research & Development) dan memakai strategi model yakni 4D, yang disederhanakan ke 3D, mencakup define (pendfinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Subyek yaitu mencakup 5 pakar, ialah dosen BK dan guru BK SMP. Tata cara analisis data yang dipakai ialah (CVR). Dan untuk menilai taraf validitas dari 25 butir pernyataan serta pengisian google form oleh siswa SMP. Hasil analisis CVR = 19,4 dan CVI = 0,78 menunjukkan bahwa instrumen skala kecemasan pada siswa SMP memenuhi kriteria valid. Kemudian kalkulasi Reliabilitas instrumen sebanyak 28 siswa SMP menjalani uji coba instrumen. Maka di dapatkan hasil hitung SPSS Crombach’s Alpha sebesar 0,926 tergolong katagori tinggi.

Kata Kunci: Skala Kecemasan Mengahadapi Ujian.

Downloads

Published

2020-12-31