Efektivitas Konseling Behavioral Dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Self Nurturance Siswa

Authors

  • Maria Utari Anastasya Yoku Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Suranata Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Dharsana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjbk.v11i2.29185

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Konseling Behavioral Dengan Teknik Role Playing Untuk meningkatkan Self Nurturance pada siswa kelas X MIPA 4 di SMA Negeri 4 Singaraja. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu, populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Singaraja. Dalam teknik pengambilan data sampel menggunakan Random Sampling sehingga telah diperoleh siswa kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperiment yang berjumlah 37 dan siswa kelas X MIPA 6 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 siswa. Metode analisis yang digunakan adahalh uji-t dan Effect Size yang menggunakan bantuan program SPSS V.21 for windows. Instrument Pengumpulan data ini menggunakan data Observasi, Wawancara, Kuisioner dan Buku Harian. Hasil dari kesimpulan berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat direkomendasikan bahwa konseling ini efektif untuk dilakukan disekolah. Maka penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat efektivitas konseling Behavioral dengan teknik Role Playing untuk meningkatkan Self Nurturance pada siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 4 Singaraja.

 

Kata Kunci: Behavioral, Teknik Role Playing, Self Nurturance

Author Biographies

Maria Utari Anastasya Yoku, Universitas Pendidikan Ganesha

Bimbingan dan Konseling

Kadek Suranata, Universitas Pendidikan Ganesha

Bimbingan dan Konseling

I Ketut Dharsana, Universitas Pendidikan Ganesha

Bimbingan dan Konseling

Downloads

Published

2020-12-31