PENERAPAN MODEL KONSELING RASIONAL EMOTIF DENGAN TEKNIK KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA KELAS X MIA 1 SMA NEGERI 3 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Authors

  • Putu Arisusanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nengah Madri Antari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Dantes Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3248

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model konseling rasional emotif dengan teknik kognitif untuk meningkatkan self esteem siswa X MIA 1 SMA Negeri 3 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklus terdiri dari enam tahap yaitu tahap identifikasi, tahap diagnosis, tahap prognosis, tahap konseling /treatment/training, tahap evaluasi, dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 23 orang siswa sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 orang siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 3 Singaraja. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Untuk memperoleh data yang diperlukan, digunakan alat pengumlulan data berupa pedoman observasi sebagai alat pengumpulan data pendukung dan kuesioner sebagai alat pengumpulan data utama. Data yang diperoleh dari responden dikumpulkan dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan self esteem dari skor rata-rata 74,1 (self esteem rendah) menjadi 105, 9 (self esteem tinggi) pada siklus I dan peningkatan dari 105,9 (self esteem tinggi) menjadi 124,5 (self esteem sangat tinggi) pada siklus II. Ini berarti terdapat peningkatan 31,8 pada siklus I dan peningkatan sebesar 18,6 pada siklus II. Kesepuluh siswa yang mendapatkan tindakan konseling rasional emotif dengan teknik kognitif telah mampu memperoleh skor self esteem ≥120. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh thitung > ttabel ini berarti Ho diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model konseling rasional emotif dapat meningkatkan self esteem siswa.
Kata Kunci : Konseling Rasional Emotif, Teknik Kognitif, Self Esteem

This research aims to determine the application of the model of rational emotive counseling with cognitive techniques to improve self-esteem of students of SMA Negeri 1 X MIA 3 Singaraja. This research is an action research guidance counseling. This action research was conducted in two cycles. At each cycle consists of six stage: identification, stage of diagnosis, prognosis stage, stage of counseling / treatment / training, evaluation, and reflection. Subjects of this research was 23 students, while the samples in this study were 10 students of class X MIA 1, SMA Negeri 3 Singaraja. The sampling technique used in this study was purposive sampling technique. To obtain the data needed, researcher use observation of complementary data collection and questionnaire as the main data collection tool. The data obtained from the respondents were collected and analyzed using quantitative descriptive analysis. The results showed an increase in self-esteem from an average score of 74.1 (low self esteem) to 105, 9 (high self esteem) in the first cycle and an increase of 105.9 (high self esteem) to 124.5 (self esteem very high) on the second cycle. This means that there is an increase of 31.8 in the first cycle and an increase of 18.6 on the second cycle. Ten students who get action rational emotive counseling with cognitive techniques have been able to gain self-esteem scores ≥ 120. Based on the hypothesis test is performed obtained tresearch> ttable means Ho is accepted. So it can be concluded that the application of the model of rational emotive counseling can improve students' self esteem.
keyword : Rational Emotive Counselling, Cognitive Techniques, Self Esteem

Published

2014-07-07