Efektivitas Konseling Behavioral Teknik assertive training Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif dalam Bersosialisasi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Singarraja Tahun Pelajaran 2013/2014

Authors

  • Ni Ketut Sri Wahyuni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Dantes Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Sulastri Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3253

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan konseling behavioral teknik assertive training lebih efektif dari pada perlakuan konvensional untuk meningkatkan perilaku asertif dalam bersosialisasi pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Singaraja tahun pelajaran 2013/2014. Tipe penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest-control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Singaraja pada tahun ajaran 2013/2014. Untuk pengambilan sampel, teknik yang digunakan adalah purposive sampling. Jenis data yang dikumpulkan adalah kuantitatif yaitu data tentang peningkatan perilaku asertif dalam bersosialisasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kuisioner perilaku asertif dalam bersosialisasi pola Likert, baik pada tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uncorrelated data/independent sampel t-test. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan thitung sebesar 54,98 dengan df = 18, maka pada taraf signifikansi 5% didapatkan ttabel sebesar 2,101, thitung >ttabel pada taraf signifikan 5% berarti Ho ditolak maka Ha diterima, sehingga hipotesisnya berbunyi “Adanya perbedaan keefektifan perlakuan konseling behavioral teknik assertive training yang diberikan pada kelompok eksperimen dengan keefektifan perlakuan konvensional yang diberikan pada kelompok kontrol untuk meningkatkan perilaku asertif dalam bersosialisasi pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Singaraja.
Kata Kunci : Tehnik Assertive Training, Perilaku Asertif.

This research aims to know whether the use of behavioral counseling assertive training techniques are more effective than conventional treatments to increase assertive behavior in socializing in class X SMA Negeri 4 Singaraja academic year 2013/2014. Types of this research is a true experiment with design of the study is a pretest-posttest-control group design. The population in this research were students of class X SMA Negeri 4 Singaraja in the academic year 2013/2014. For sampling, the technique used is purposive sampling. The type of data that is collected is quantitative data on the increase in assertive behavior in socializing. he data was collected using a questionnaire instrument assertive behavior in social Likert patterns, both at the beginning of the test (pretest) and final test (posttest). Data were analyzed by using statistical analysis of the data uncorrelated / independent sample t-test. Ased on the analysis of data obtained tarithmetic of 54.98 with df = 18, then the 5% significance level obtained ttable 2,101, tarithmetic than ttable at the significant level of 5% means that Ho is rejected, Ha accepted, so the hypothesis reads "The big difference in the effectiveness of treatment of behavioral counseling assertive training techniques are given in the experimental group with the effectiveness of conventional treatment given to the control group to increase assertive behavior in socializing in class X SMA Negeri 4 Singaraja”.
keyword : Assertive Training Techniques, Assertive Behavior.

Published

2014-07-08