Perbedaan Culture Shock Ditinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert dan Introvert pada Mahasiswa Karo
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v12i2.34016Keywords:
Mahasiswa, Culture shock, Kepribadian Extrovert dan IntrovertAbstract
Mahasiswa yang memilih untuk melanjutkan pendidikan di luar dari daerah asalnya akan belajar untuk menyesuiakan diri dengan lingkungan yang baru, sehingga individu yang tidak mampu menyesuaikan diri akan merasakan culture shock. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan culture shock yang ditinjau dari tipe kepribadian extrovert dan introvert pada mahasiswa, dengan hipotesis terdapat perbedaan antara individu extrovert dan introvert dalam menghadapi culture shock. Sampel penelitian berjumlah 50 orang mahasiswa Karo Universitas Kristen Satya Wacana yang berasal dari Sumatera Utara dan menggunakan teknik total sampling. Pengukuran penelitian ini menggunakan skala culture shock milik Mumford (1997) dengan (r = 0,822) dan skala kepribadian extrovert dan introvert milik Eyesenck yaitu Eyesenck Personality Questionnaire (EPQ) dengan r = (0,847). Analisis hipotesis menggunakan Mann Whitney U Test, yang menunjukkan hasil signifikan dengan p=0,000 (p<0,05). Dengan demikian, Individu dengan kepribadian extrovert akan memiliki tingkat culture shock yang lebih rendah, sedangkan individu dengan kepribadian introvert akan memiliki tingkat culture shock yang lebih tinggi.
References
Alwisol.(2009). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press
Bochner, S. (2003). Culture Shock Due to Contact With Unfamiliar Culture. Online Reading in Psychology and Culture Vol.1 No.4 .7-9
Budiraharjo, P. (editor). (1997). Mengenal Teori Kepribadian Mutakhir. Yogyakarta : Kanisius
Chasannah, U. (2017). Perbedaan Culture Shock Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Introvert Dan Ekstrovert Pada Mahasiswa Asing Di UIN Sunan Ampel Surabaya. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Dayaknisi, T.(2012). Psikologi lintas budaya. Malang : UMM Press
Devinta, Marshellena, Hidayah, N. & Hendrastomo, G. (2015). Fenomena Culture Shock (Gegar Budaya) Pada Mahasiswa Perantauan Di Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Sosiologi.Vol (1). 3-15
Feist, J., & Feist, J.G. (2009).Theories of personality, seventh edition. New York: The McGraw-Hill Companies.
Furham, A. & Bochner , S. (1970). Culture shock, psychological reaction to unfamiliar environment, New York : Cambrige.
Santrock. (2006). Life Span Development: Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga
Soplanit, M. E. (2008). Perbedaan Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru Yang Tinggal Di Asrama Ditinjau Dari Jenis Kelamin Dan Daerah Asal. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung
Parillo, V. N. (2008). Encyclopedia of Social Problems. Thousand Oaks : SAGE Publication
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Yessy Sepgina Manik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.