EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL TEKNIK PENGUATAN POSITIF DAN TEKNIK PENCONTOHAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI SISWA KELAS VII SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Authors

  • Ni Nyoman Oktavia Ayu S Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Ketut Suarni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewi Arum Widhiyanti Metra Putri Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3643

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling behavioral teknik penguatan positif dan teknik pencontohan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi antarpribadi siswa kelas VII SMP Laboratorium Undiksha Singaraja semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini merupakan studi eksperimen, mengingat tidak semua variable dan kondisi eksperimen dapat diatur serta dikontrol secara ketat, maka penellitian ini dikategorikan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 7 kali pertemuan/treatment. Sampel penelitian ini berjumlah 66 orang siswa dari dua kelas ekperimen yang masing-masing kelas berjumlah 33 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 18 orang siswa, 10 orang dari kelas ekperimen 1 dan 8 orang dari kelas ekperimen 2. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Data penelitian ini dikumpulkan dengan rubrik penilaian keterampilan komunikasi antarpribadi. Penilaian rubrik tersebut dilakukan dua kali yaitu pada pemberian tes awal dan posttes kemudian dianalisis dengan program Microsof Excel 2003 dan program SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, ditemukan hasil penelitian sebagai berikut, yaitu: (1) Terdapat peningkatan keterampilan komunikasi antarpribadi siswa yang dicapai dengan teknik penguatan positif dari rata-rata persentase peningkatan sebelum treatment sebesar 19,6% menjadi 27,3% (2) Terdapat peningkatan keterampilan komunikasi antarpribadi siswa yang dicapai dengan teknik pencontohan dari rata-rata persentase peningkatan sebelum treatment sebesar 16,25% menjadi 29,00%. (3) Terdapat perbedaan peningkatan keterampilan komunikasi antarpribadi antara siswa yang diberikan teknik penguatan positif dengan yang diberikan teknik pencontohan dari rata-rata persentase peningkatan sebesar 7,7% dan 12,75%. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh thitung > ttabel ini berarti H0 diterima.
Kata Kunci : konseling behavioral, penguatan positif, pencontohan, komunikasi antarpribadi

This research aims to determine efektivitas counseling behavioral technic positif reinforcement and technic modeling to increase interpersonal communication skill in class 7 of SMP Lab Undiksha Singaraja of 2nd semester in the academic year 3023/2014. This type of research is an experimental study, considering all the variables and experimental conditions can’t be regulated, then this research study categorized quasi experiment. This study conducted 7 meeting/ treatment. Sample of this research were 66 student from two classes of experiments that each class still numbered 33 people, while the sample in this study were 18 students, 10 people from the class of experiments 1 and 8 of the experimental class 2. The sampling technique used in this study was purposive sampling technique. The data of this research is collected by rubric assessment of interpersonal communication skill. Rubric assessment is done by two times which is conducted by pretest and posttest, then the data is analyzed by Microsoft Excel 2003 program and SPPS 16.0 for Windows. Based on data analysis, it is found that (1) there is an upgrading of interpersonal communication skill that achieved by “teknik penguatan positif “ from upgrading presentation before treatment about 19.6% to be 27.23%. (2) There is an upgrading of interpersonal communication skill that achieved by “teknik pencontohan” from the mean of upgrading presentation before treatment about 16.25% to be 29%. (3) There is different upgrading of interpersonal communication skill that achieved by “teknik penguatan positif” and “teknik pencontohan” from the mean of upgrading presentations were 7.7% and 12.75%. based on hypothesis testing performed is obtain thitung > ttabel this means that H0 accepted.
keyword : konseling behavioral, positif reinforcement, modeling, interpersonal communication skill

Downloads

Published

2014-07-25