PENERAPAN KONSELING RASIONAL EMOTIF DENGAN TEKNIK REFRAMING UNTUK MEMINIMALISIR LEARNED HELPLESSNESS PADA SISWA KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 3 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2013/2014

Authors

  • Kadek Lusiani Laksmi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nengah Madri Antari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Dantes Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3646

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konseling rasional emotif dengan teknik reframing dalam meminimalisir learned helplessness pada siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 3 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling, yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 3 Singaraja yang berjumlah 26 orang siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 4 orang siswa. Untuk memperoleh data, digunakan alat pengumpulan data berupa pedoman observasi dan pedoman wawancara sebagai alat pengumpulan data komplementer serta kuesioner sebagai alat pengumpulan data utama. Data yang diperoleh dari responden dikumpulkan dan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan learned helplessness dari skor rata-rata 139.25 (learned helplessness tinggi) menjadi 93.5 (learned helplessness rendah) pada siklus I dan penurunan dari skor rata-rata 93.5 (learned helplessness rendah) menjadi 76.5 (learned helplessness sangat rendah) pada siklus II. Ini berarti terdapat penurunan learned helplessness sebesar 45,75 pada siklus I dan penurunan sebesar 20 pada siklus II. Keempat siswa yang mendapatkan tindakan konseling rasional emotif dengan teknik reframing telah mampu memperoleh skor learned helplessness ≤ 80. Berdasarkan pada hasil penelitian tersebut, maka dapat dibuktikan bahwa konseling konseling rasional emotif dengan teknik reframing dapat meminimalisir learned helplessness yang dialami oleh siswa.
Kata Kunci : Konseling Rasional Emotif, Reframing, Learned Helplessness

The purpose of this research is to know the application’s effect of rational emotive counseling by reframing method of purpose to reduce the learned helplessness in XI Science 3, SMA N 3 Singaraja. The kind of this research is action research in counseling, that’s done in two cyrcles and in each cyrcle consist of four parts, there are planning, action, observation, and reflection. The subject of this research is 26 students member of XI Science 3, SMA N 3 Singaraja, while the main sample of this research is four students in that class. In this research, the researcher used observation and interview method of complementary data collection and questioner to get the main result. The data then collected and analysed by the method of descriptive-quantitative analysis. The result of the research shows there are decresing of learned helplessness by 45.75, from average score 139.25 (high learned helplessness) to 93.5 (low learned helplessnes) in the first cyrcle and there are also decreasing from 93.5 average score (low learned helplessness) to 76.5 (very low learned helplessness) in the next cycle. It’s mean there are reduction of helplessness in numbers of 45,75 in the first cycle and reduction of helplessness in numbers of 20 in the second cycle. The four students who got the action research in rational emotive counseling with reframing method is able to get a score of learned helplessness ≤ 80. Based on that result, the researcher can proof that the rational emotive counseling with reframing method can reduce the learned helplessness which experienced by the students.
keyword : Rational Emotive Counseling, Reframing, Learned Helplessness

Downloads

Published

2014-07-25