EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK POSITIVE REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DALAM BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Authors

  • Ni Luh Asri Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Ketut Suarni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewi Arum Widhiyanti Metra Putri Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3649

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui efektivitas konseling behavioral teknik positive reinforcement untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam belajar, (2) mengetahui adanya perbedaan efektivitas antara konseling behavioral teknik positive reinforcement dengan kelompok kontrol yang diberi perlakuan sesuai dengan layanan di sekolah tanpa teknik positive reinforcement untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam belajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan pre-test post-test control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 20 orang siswa. Jenis data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif yaitu data tentang peningkatan rasa percaya diri dalam belajar. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah kuesioner. Data penelitian dianalisis dengan teknik statistik t-test. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa (1) konseling behavioral teknik positive reinforcement efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam belajar siswa kelas VIII SMP N 2 Singaraja ini dilihat dari hasil analisis nitai thitung lebih besar dari ttabel (111,19>1,833) dengan taraf signifikansi 5 %, (2) terdapat perbedaan efektivitas antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam belajar dari hasil thitung lebih besar dari ttabel (32,16>2,101) dengan taraf signifikansi 5 %. Hal ini berarti konseling behavioral teknik positive reinforcement efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam belajar
Kata Kunci : konseling behavioral, teknik positive reinforcement, rasa percaya diri

This study aimed to: (1) examined the effectiveness of behavioral counseling positive reinforcement techniques to in crease the students’ self-confidence in learning, (2) determined the differences between the effectiveness of positive reinforcement behavioral counseling techniques with a control group which was only given school’s standard counseling services to in crease the students’ self-confidence in learning. This research was an experimental research with pre-test post-test control group design. The population of this research was all the eighth grade students of SMP Negeri 2 Singaraja in academic year of 2013/2014. Samples were taken by using purposive sampling technique with a number of 20 students. The type of data collected were quantitative data which were about the improvement of self-confidence in learning. The data collection method used was a questionnaire. Data were analyzed by t-test statistical technique. Based on the analysis, it was found that (1) behavioral counseling positive reinforcement techniques was effective to in crease self-confidence of eighth grade students in SMP Negeri 2 Singaraja. It was seen from the results of the analysis of tvalue greater than t table(111.19>1.833) with a significance level of 5%, (2) there were differences of effectiveness between the experimental group with the control group in terms of in creasing the students’ confidence in the learning.The results of tvalue was greater than t table(32,16>2,101) with a significance level of 5%. It meant that behavioral counseling positive reinforcement techniques was effective to increase the self confidence of students in learning.
keyword : behavioral counseling, positive reinforcement technique, self confidence

Downloads

Published

2014-07-25