EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK PEMBANJIRAN UNTUK MEMINIMALISASI KECEMASAN SISWA DALAM MENYAMPAIKAN PENDAPAT KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Authors

  • Ni Putu Eka Junita Wardani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Ketut Suarni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewi Arum Widhiyanti Metra Putri Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3650

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui: (1) apakah konseling behavioral dengan teknik pembanjiran untuk meminimalisasi kecemasan siswa dalam menyampaikan pendapat (2) ada perbedaan efektivitas antara konseling behavioral teknik pembanjiran dengan perlakuan konvensional untuk meminimalisasi kecemasan siswa dalam berpendapat. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan jumlah populasi 575 orang. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dan dibantu dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 orang siswa kelas VIII yang mengalami kecemasan dalam menyampaikan pendapat. Rancangan penelitian ini adalah pretest-posttest-control group design. Data penelitian dianalisis dengan teknik statistik t-test dan dibantu dengan program Microsoft office excel 2007. Bedasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa (1) konseling behavioral teknik pemanjiran efektif untuk meminimalisir kecemasan, dilihat dari analisis nilai thitung > ttabel (59,2>2,262) (2) berdasarkan hasil perhitungan gain score, didapat bahwa kelompok eksperimen yaitu konseling behavioral teknik pembanjiran memiliki rata-rata nilai gain score lebih rendah dari rata-rata nilai gain score kelompok control yang hanya diberikan perlakuan konvensional (-55>-32,7). Berdasarkan analisis ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima. Sehingga penerapan konseling behavioral teknik pembanjiran untuk meminimalisasi kecemasan siswa dalam menyampaikan pendapat kelas VIII di SMP Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2013/2014 efektif.
Kata Kunci : konseling behavioral, teknik pembanjiran, kecemasan dalam mengungkapkan pendapat

This study is an experimental study in order to determine: (1) whether behavioral counseling with the flooding technique to minimize student anxiety in expression (2) there is a difference between the effectiveness of behavioral counseling flooding with conventional treatment techniques to minimize anxiety in the opinion of students. The population was eighth grade students of SMP Negeri 2 Singaraja academic year 2013/2014 with a population of 575 people. Samples were taken using purposive sampling techniques and assisted with random sampling technique. The samples in this study were 20 eighth grade students who experience anxiety in expression. The study design was a pretest-posttest-control group design. Data were analyzed by t-test statistical techniques and assisted with Microsoft Office Excel 2007 program. Based on the results of the analysis, it was found that (1) effective behavioral counseling techniques to minimize anxiety flooding, seen from the analysis of the value of t> t table (59.2> 2.262) (2) based on the results of the calculation of the gain scores, which found that the experimental group behavioral counseling flooding technique has an average value of gain scores lower than the average score value gain control group who were given conventional treatment (-55> -32.7) . Based on this analysis shows that the hypothesis proposed in this study can be accepted. So the application of behavioral counseling techniques to minimize flooding in the expression of anxiety students in Junior High School eighth grade 2 Singaraja academic year 2013/2014 effectively.
keyword : behavioral counseling, flooding techniques, anxiety in expressing opinions

Downloads

Published

2014-07-25