EFEKTIVITAS MODEL KONSELING BEHAVIORAL TEKNIK TOKEN ECONOMY DAN TEKNIK POSITIVE REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS X SMA LAB UNDIKSHA SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Authors

  • Ni Kadek Budini Dwi Apsari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Ketut Suarni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewi Arum Widhiyanti Metra Putri Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3652

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui : (1) apakah terdapat perbedaan peningkatan motivasi berprestasi siswa dengan menggunakan konseling behavioral dengan teknik token economy dan Konseling Behavioral Positif Reinforcement di kelas X dan SMA Lab Undiksha Singaraja Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Lab Undiksha Singaraja. Sampel penelitian ditentukan dengan uji kesetaraan dimana uji kesetaraan ini melihat kelas yang setara.. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X 6 dan kelas X 7 dimana masing masing kelas terdapat 6 orang siswa yang memiliki motivasi berprestasi belajar rendah. Rancangan penelitian ini adalah the static group postest design. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah kuesioner. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa (1)Konseling Behavioral teknik Token Ekonomy lebih efektif Meningkatkan Motivasi berprestasi dibandingkan dengan konseling behavoiral teknik Positive Reinforcement ini dilihat dari gain score (2) konseling behavioral dengan teknik token economy efektif untuk meningkatkan meningkatkan motivasi berprestasi pada siswa kelas X SMA LAB Undiksha singaraja ini dilihat dari thitung lebih besar dari pada. Sebagai implikasi penelitian ini diharapkan dapat diwacanakan sebagai salah satu model pelatihan bagi guru pembimbing di sekolah-sekolah untuk meningkatkan disiplin belajar siswa.
Kata Kunci : Konseling Behavioral Teknik Token Economy ,Positive Reinforcement, Motivasi Berprestasi .

This study is an experimental study in order to determine: (1) whether there are differences in the increase in student achievement motivation using behavioral counseling technique with token economy and Positive Reinforcement Behavioral Counseling in class X and SMA Lab Undiksha Singaraja This study population is high school students of class X Lab Undiksha Singaraja. The research sample was determined by testing the equality where equality test is equivalent classes .. see sample in this study is class and class X 6 X 7 wherein each class there are 6 students who have a low learning achievement motivation. The design of this study is the static group posttest design. Data collection method used was a questionnaire. Based on the analysis, it was found that (1) Behavioral Counseling techniques Ekonomy Token Improving Achievement motivation is more effective than counseling behavoiral Positive reinforcement techniques is seen from the gain score (2) behavioral counseling with effective techniques to improve the token economy improves achievement motivation in class X High School Undiksha singaraja LAB is seen from tcount greater than. As the implications of this study are expected to be under consideration as a training model for teacher mentors in schools to improve student learning discipline.
keyword : Behavioral Counseling Techniques Token Economy, Positive Reinforcement, Achievement Motivation

Downloads

Published

2014-07-25