PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PERMAINAN TIGA DOT UNTUK MEMINIMALISASI KEJENUHAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA BHAKTIYASA SINGARAJA TAHUN PELAJARN 2013/2014

Authors

  • Ni Nyoman Ratna Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Sulastri Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Sedanayasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3655

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok dengan permainan tiga dot dalam meminimalisasi kejenuhan belajar pada siswa kelas XI IPS SMA Bhaktiyasa Singaraja tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling (Action research in counseling) yang sering disingkat dengan PTBK. Subjek penelitian ini sebanyak 9 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode wawancara. Hasil penelitian menunjukan ada penurunan kejenuhan belajar setelah siswa mendapat konseling kelompok dengan permainan tiga dot. Mencermati hal tersebut maka disarankan kepada guru bimbingan konseling untuk senantiasa memikirkan dan mengimplementasikan permainan yang lebih variatif dalam memberikan layanan bimbingan atau konseling untuk menurunkan kejenuhan belajar.
Kata Kunci : konseling kelompok dengan permainan tiga dot, kejenuhan belajar

The purpose of this study was to examine the effectiveness of group counseling with three dot games in minimizing saturation studying in class XI IPS Bhaktiyasa Singaraja high school academic year 2013/2014. This research is a counseling action (Action research in counseling) is often abbreviated to PTBK. Amount subjects of this study were 9 students, the data collection methods used were observation and interview methods. The results showed no decrease in saturation studies after the student gets counseling group with three-dot game. Observing that it is advisable to counseling teacher to think about and implement always game more varied in giving guidance or counseling services to lower the saturation study.
keyword : counseling grouping by three dot game, study boredom

Downloads

Published

2014-07-25