PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK PENGUATAN POSITIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DALAM BERKOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS X MIA 2 SMA NEGERI 3 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Authors

  • Ni Luh Sri Yudayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nengah Madri Antari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Dantes Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3657

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas peningkatan keterampilan dalam berkomunikasi interpersonal siswa setelah diberikan tindakan penerapan konseling kelompok dengan teknik penguatan positif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling (Action Research In Counseling). Dalam penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah kelas X MIA 2 SMA Negeri 3 Singaraja yang berjumlah 25 orang siswa. Setelah diberikan kuesioner sebagai data awal, didapatkan 8 orang siswa yang akan diberikan tindakan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner (data awal) dan rubrik penilaian. Data yang sudah terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian pra siklus menunjukkan skor rata-rata 15. Pada siklus I menunjukkan skor 23,2 terjadi peningkatan 8,3 termasuk pada kategori sedang. Pada siklus II menunjukkan skor 28,1 terjadi peningkatan 4,9 termasuk pada kategori tinggi. Kedelapan siswa yang mengikuti konseling kelompok dengan teknik penguatan positif tersebut, telah menunjukkan skor keterampilan dalam berkomunikasi interpersonal ≤ 28. Berdasarkan hasil dari uji hipotesis yang dilakukan dalam penelitian ini diperoleh thitung > ttabel, ini berarti Ho diterima. Jadi, ini membuktikan bahwa konseling kelompok dengan teknik penguatan positif, dapat meningkatkan keterampilan dalam berkomunikasi interpersonal siswa.
Kata Kunci : konseling kelompok, teknik penguatan positif, keterampilan dalam berkomunikasi interpersonal

The purpose of this study was to determine the quality of interpersonal communication skills improvement in students after the implementation of the action given group counseling with positive reinforcement techniques. This research is a counseling action. In this study conducted in two cycles, and each cycle consists of four stages: planning, action, observation and evaluation, and reflection. The subjects of this study were MIA 2 class X SMA 3 Singaraja totaling 25 students. Once the questionnaire is given as initial data, obtained 8 students who will be given action. Collecting data in this study using a questionnaire (preliminary data) and an assessment rubric. Data already collected were analyzed descriptively. The results of pre-cycle studies show the average score 15. Scores the first cycle showed an increase of 23.2 8.3 including the category of being. In the second cycle showed an increase in scores 28.1 4.9 including the high category. The eight students who take the counseling group with positive reinforcement techniques, have demonstrated skills in interpersonal communication scores ≤ 28. Based on the results of hypothesis testing performed in this study obtained t> t table, this means that Ho is accepted. So, this proves that the counseling group with positive reinforcement techniques, can improve students' skills in interpersonal communication.
keyword : group counseling, positive reinforcement technique, interpersonal communication skill

Downloads

Published

2014-07-25