PENERAPAN ANALISIS TRANSAKSIONAL DENGAN TEKNIK PERMAINAN PERAN UNTUK MENINGKATKAN ETIKA KOMUNIKASI SISWA KELAS XI TN C SMK NEGERI 1 SINGARAJA

Authors

  • Gede Parartha Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Suranata Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Dharsana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3678

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan konseling analisis transaksional dengan teknik permainan peran untuk meningkatkan etika komunikasi siswa kelas XI TN C SMK Negeri 1 Singaraja. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TN C SMK Negeri 1 Singaraja yang memiliki etika komunikasi rendah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, observasi dan analisis data. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari identifikasi, diagnosa, prognosa, konseling, evaluasi dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data skor awal terdapat 10 orang siswa yang memiliki etika komunikasi rendah. Kesepuluh orang ini akan ditindak lanjuti pada penelitian siklus I. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan etika komunikasi siswa. Peningkatan persentase etika komunikasi siswa adalah sebagai berikut: pada pelaksanaan siklus I diperoleh peningkatan 10 orang siswa yang belum mencapai kriteria diatas 80% dengan rata-rata peningkatan 18,60% termasuk dalam kategori sedang. Pada pelaksanaan siklus II 10 orang siswa yang belum mencapai kriteria 80% pada siklus I mengalami peningkatan diatas 80% dengan rata-rata peningkatan 15,49% pada siklus II termasuk dalam kategori tinggi. Hasil analisis data yang diperoleh pada siklus II nampak bahwa kesepuluh orang siswa sudah menunjukkan etika yang baik dalam berkomunikasi. Hal ini berarti bahwa penerapan konseling analisis transaksional dengan teknik permainan peran dapat meningkatkan etika komunikasi siswa kelas XI TN C SMK Negeri 1 Singaraja
Kata Kunci : konseling analisis transaksional, teknik etika komunikasi

The purpose of this study was to determine the effectiveness of the application transactional analysis counseling with role playing techniques to improve communication ethic student XI TN C class at SMK Negeri 1 Singaraja. The research subject is student of XI TN C class at SMK Negeri 1 Singaraja which have low communication ethic. This research is action research guidance counseling. Data collection method in this study used a questionnaire, observation and data analysis. This study was conducted in two cycle, and each cycle consists the identification, diagnosis, prognosis, counseling, evaluation and reflection. Based on the data analysis of the initial score be found 10 student have low communication ethic. These ten will be followed up on research the first cycle. The results showed increase student communication ethic. Increasing percentage of student communication ethic is: implementation of the first cycle obtained increase of 10 student who have not reached the criteria above 80% with an average increase of 18.60% is included in the medium category. In the implementation of the second cycle 10 student who have not reached the criteria of 80% of the first cycle increased above 80% with an average increase of 15.49% of second cycle in high category. The results of the analysis of data obtained in the second cycle appears that ten student have shown good ethic in communication. This means that the application of transactional analysis counseling with role playing techniques can improve communication ethic student XI TN C class at SMK Negeri 1 Singaraja.
keyword : transactional analysis counseling, role playing techniques

Published

2014-07-31