PENERAPAN KONSELING KARIR TRAIT DAN FAKTOR DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN PILIHAN KARIR SISWA KELAS X TKBB1 SMK NEGERI 3 SINGARAJA

Authors

  • Gusti Agung Biomantara Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Dharsana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Suranata Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3682

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan konseling karir trait dan faktor teknik modeling untuk meningkatkan pilihan karir siswa kelas X TKBB1 SMK Negeri 3 Singaraja. Subjek penelitan berjumlah 30 siswa, yaitu 27 siswa laki laki dan 3 siswa perempuan, yang memiliki pilihan karir rendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, observasi, dan analisis data. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari identifikasi, diagnosa, prognosa, konseling, evaluasi dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis skor awal diperoleh 9 siswa yang memiliki pilihan karir rendah. Pencapaian peningkatan disiplin diri siswa pada siklus I terhadap 9 siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil kuesioner persentase penyebaran awal yaitu 69% meningkat menjadi 78%. Rata-rata peningkatannya adalah 15%. Dari hasil tersebut, 4 siswa belum memenuhi kriteria ketuntasan 80% sehingga perlu melanjutkan konseling ke siklus II. Pada siklus II siswa yang sudah mengalami peningkatan pilihan karir diikut sertakan dalam siklus II yang bertujuan memberikan motivasi pada siswa yang masih memiliki pilihan karir yang rendah . Pada siklus II peningkatan pilihan karir siswa yaitu 78% menjadi 83 %. Rata-rata peningkatan siklus II 6% terhadap 9 siswa.Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan teknik modeling dapat meningkatkan pilihan karir siswa.
Kata Kunci : konseling karir trait dan faktor, teknik modeling, pilihan karir

The study aimend know implementation of counseling career trait and factor technique in improving self choice career of students. The subject of this studi was 30 students, 27 male and 3 female who had low career choice. This study is an action counseling method. The data collected use were: questionnaire, observation and data analysis. The studi was done two cycles. Each cycle has identification, diagnosis, prognosis, counseling, evaluation, and reflection. Based on the data analysis the first score gathered is 9 students have low career choice. In achieving the improvement of career choice to the students at cycle I to 9 students. The improvement can be seen from the result of the questionnaire from percentage of first given that is 69% increasing to be 78%. The mean improvement is 15%. From that result 4 students are not passing the standard achievement of 80%, so then it should continue to the counseling cycling II. At cycle II, students are already achieving the improvement of career choice which has been joined in cycle II to give motivation to the students who have low career choice. In cycle II the improvement of students’ career choice is 78% to be 82% The mean improvement in cycle II is 6% to 9 students. These findings show that the implementation of counseling model technique can improve students’ career choice.
keyword : Trait and factor counseling, Modeling technique, career choice.

Published

2014-07-31