PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK LATIHAN ASERTIF UNTUK MENINGKATKAN SELF ADJUSMENT SISWA KELAS X IIS 3 SMA NEGERI 2 SINGARAJA

Authors

  • Ida Ayu Gde Sri Dwi Laksemi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Dharsana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Suranata Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3683

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konseling behavioral dengan teknik latihan asertif untuk meningkatkan self adjusment siswa kelas X IIS 3 SMA Negeri 2 Singaraja. Desain Penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (Action Research In Counseling) yang dilaksanakan dalam dua siklus. dimana masing-masing siklus melalui tahap identifikasi, diagnosa, prognosa, konseling/treatment, follow up, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 3 SMA Negeri 2 Singaraja yang berjumlah 25 orang siswa. Dalam penelitian ini data yang dikumpulkan adalah dengan metode observasi dan kuesioner. Data yang didapat dari hasil kuesioner selanjutnya diuji validitas butir dengan menggunakan teknik statistic korelasi Product Moment dan analisis Alpha-Cronbach. Hasil penelitian peningkatan self adjusment siswa dengan teknik latihan asertif melalui bimbingan klasikal, konseling kelompok dan konseling individual menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dari siklus I maupun siklus II pada siklus I Pada siklus I dikeahui bahwa skor awal 65,9 %meningkat menjadi 68,5% peningkatanya adalah 2,6 % sedangkan pada siklus II peningkatan persentase skor adalah 68,5% menjadi 93,5 % dan peningkatanya adalah 25,0 % hal ini menunjukan bahwa penyesuaian diri pada siswa semakin meningkat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan konseling behavioral dengan teknik latihan asertif dapat meningkatkan penyesuaian diri siswa kelas X IIS 3 SMA Negeri 2 Singaraja.
Kata Kunci : konseling behavioral, teknik latihan asrtif, self adjusment.

This study purposes to determine the effectiveness of behavioral counseling with assertiveness training techniques to improve self adjustment class X SMA Negeri 2 Singaraja. The design of this study is an action research (Action Research in Counseling) is conducted in two cycles. Each cycle through the identification, diagnosis, prognosis, counseling/ treatment, follow-up, and reflection. The subjects were students of class X IIS 3 SMAN 2 Singaraja totaling 25 students. In this study, data was collected by observation and questionnaires. obtained from the questionnaire were tested for validity using statistical techniques Product Moment correlation and Cronbach's Alpha analysis. The results shows improved self-adjustment of students with assertiveness training techniques through classical guidance, group counseling and individual counseling showed that an increase of the first cycle and second cycle.In the first cycle show the initial score of 65.9% increased to 68.5%, it can improve to 2.6%, while in the second cycle shows improve from 68.5% to 93.5% and 25.0% is improving. it is a clear indication that the adjustment in students is improving. Based on these results it can be concluded that the application of behavioral counseling with assertiveness training technique can improve the adjustment class X IIS 3 SMA Negeri 2 Singaraja.
keyword : behaviour conseling, asertif practise technic, and self adjusment.

Published

2014-07-31