EFEKTIVITAS KONSELING RASIONAL EMOTIF DENGAN TEKNIK KOGNITIF UNTUK MEMINIMALISASI STRESS BELAJAR SISWA UNGGULAN KELAS XI IPA 4 SMA NEGERI 3 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2013/2014

Authors

  • Ni Kadek Ayu Trisnayani
  • Ni Nengah Madri Antari
  • Nyoman Dantes

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3698

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui kecenderungan stress yang dialami siswa unggulan kelas XI IPA 4 SMA Negeri 3 Singaraja dan keefektivitasan konseling rasional emotif dengan teknik kognitif untuk meminimalisasi stress belajar siswa unggulan kelas XI IPA 4 SMA Negeri 3 Singaraja Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain One Group Pretest Posttest Group Design. Populasi penelitian ini siswa unggulan kelas XI IPA 4 SMA Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2013/2014 dengan N=27. Sampel penelitian ditetapkan 10 orang yang pengambilan sampelnya dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner stress belajar, metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi. Data penelitian ini dianalisis dengan teknik statistik t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan konseling rasional emotif dengan teknik kognitif efektif untuk meminimalisasi stress belajar siswa unggulan XI IPA 4 SMA Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2013/2014. Hal ini dilihat dari hasil analisis nilai thitung lebih besar dari ttabel dengan df (db) = 9 dengan taraf signifikan 0,5% (19,976 > 2,262). Semakin rasional pemikiran siswa maka semakin menurun tingkat kecenderungan siswa yang mengalami stress belajar.
Kata Kunci : Konseling Rasional Emotif, Teknik Kognitif, Stress Belajar Siswa

The purpose of this study was to determine the trend of the stress experienced by the students of class XI IPA 4 seed SMA 3 Singaraja and effectiveness of rational emotive counseling with cognitive techniques to minimize stress student study in class XI IPA 4 seed SMA 3 Singaraja. This research is a quasi experimental study with a pretest posttest design Group One Group Design. The population of this study featured students of class XI Science SMAN 3 4 Singaraja school year 2013/2014 with N = 27. The research sample set 10 people sample collection is done by purposive sampling technique. Data were collected by questionnaire stress study, the methods used in data collection is observation. The data were analyzed by t-test statistical technique. The results showed that the application of rational emotive counseling with effective cognitive techniques to minimize stress superior student learning XI IPA 4 SMA 3 Singaraja school year 2013/2014. It is seen from the results of the analysis of the value of t is greater than t table with df (db) = 9 with a significant level of 0.5% (19.976> 2.262). The more rational thinking in students the tendency of decreasing the level of stress experienced students learn.
keyword : Rational Emotive Counselling, Cognitive Engineering, Student Stress

Published

2014-08-03