Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Asertif Untuk Meningkatkan Self Confidence Pada Siswa Kelas X.2 Di SMA Bhaktiyasa Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014.

Authors

  • Fitria Astuti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Sulastri Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Sedanayasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3699

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Layanan Bimbingan Konseling yang bertujuan untuk meningkatkan self confidence siswa dengan penerapan Konseling Behavioral Teknik Asertif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 5 orang siswa kelas X.2 SMA Bhaktiyasa Singaraja tahun pelajaran 2013/2014 yang memiliki self confidence yang rendah. Data tersebut diperoleh dari yaitu kuesioner self confidence dari awal siklus sampai siklus II. Metode observasi juga digunakan sebagai metode komplementer yang mendukung data utama tersebut. Kuesioner self confidence yang diperoleh dari responden dikumpulkan dan diolah dengan teknik deskriptif analisis. Hasil penelitian dari pra siklus diperoleh rata-rata pencapaian self confidence terhadap 5 siswa sebesar 64,3% dengan kategori rendah. Pada siklus I terjadi peningkatan dengan rata-rata 9,6% dengan kategori sedang. Dari hasil siklus I ternyata 3 siswa dikategorikan tinggi dan 2 orang dikategorikan rendah sehingga perlu dilanjutkan treatment pada siklus II. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan rata-rata peningkatan 21,3% dengan kategori tinggi. Artinya siswa sudah bisa percaya diri. Data diperkuat dari observasi dan hasil penilaian layanan yang dibuat oleh siswa setiap konseling perorangan. Hasil penelitian ini diharapkan siswa mengeksplorasi dan mengekspresikan diri sehingga memiliki self confidence yang optimal.
Kata Kunci : behavioral, asertif, self confidence

This research is an action research of Counseling Service that aims to increase the self confidence of students with the application of Assertive Techniques of Behavioral Counseling.The subjects in this study were five high school students of class X.2 of Bhaktiyasa Singaraja school year of 2013/2014 which have low self confidence. The data was obtained from the questionnaire of self confidence from cycle I to cycle II. Observation method was also used as a complementary method that supports the main data. Questionnaire of self confidence was gained from respondents collected and processed by analysis descriptive techniques. The result of the pre-cycle was the average achievement of self confidence to five students is 64.3% in the low category. In the first cycle, there was an increase by an average of 9.6% in the medium category. From the result of the first cycle, it turns out that three students are categorized as high and two people are categorized low so that treatment needs to be continued in the second cycle. On the second cycle, there was an increase with an average increase of 21.3% in the high category. This means that students are able to believe in themselves. The data was confirmed by the observation and service assessment made by each student in every single personal study. From the result, students are expected to explore and express themselves thus have optimal self confidence.
keyword : behavioral, assertive, self-confidence

Published

2014-08-03